Posted by: genetika21 | 9 March 2009

METODE OVULASI BILLINGS

– Sumber Sirep Susilowati –

(Diambil dari Metode Ovulasi oleh DR. J.J Billing)

  • Adalah suatu cara / metode yang aman dan ilmiah untuk mengetahui kapan masa subur wanita.
  • Cara ini dapat di pakai baik untuk menjadi hamil maupun  untuk menghindari atau menunda kehamilan.
  • Metode ini sangat sederhana, murah, dan mudah di terapkan karena berdasarkan pengamatan diri sendiri terhadap gejala-gejala yang secara alamiah dialami oleh setiap wanita yang normal.
  • Kegunaan metode ini :
    1. suami istri dapat merencanakan kapan mau hamil
    2. berapa lama tidak ingin hamil
    3. kapan ingim hamil lagi
    4. jenis kelamin anak yang diinginkan.
  • Metode ini bukanlah metode ramalan seperti cara KB alamiah yang di sebut Metode Kalender atau hitung-hitungan tanggal. Terjadinya ovulasi tidak “diramalkan” dengan cara menhitung hari-hari sebelum atau sesudah mentruasi, tetapi ditentukan atas dasar tanda-tanda yang tampak pada saat itu juga dan mudah di kenal oleh setiap wanita yang normal.
  • Landasan Metode Ovulasi / hal hal yg perlu di perhatikan :
    1. setiap wanita yang subur pasti telah / akan mengetahui bahwa diantara  dua masa haid (mentruasi) ia mengeluarkan lendir putih dari alat kelaminnya. Lendir ini berasal dari kelenjar leher rahim.(servik).
    2. Lendir ini menunjukkan bahwa wanita tersebut sedang subur (bukan suatu penyakit) dan bila saat itu diadakan sanggama (kontak intim) dapat menjadi hamil.
    3. Pada permulaan lendir tersebut  sedikit dan kelihatan agak keruh,  lengket, putih atau agak kekuning-kuningan. Keluarnya lendir semakin / bertambah banyak, terasa licin pada Vulva.dari hari ke hari menjadi makin cair, jernih, memberi rasa basah /licin dan dapat mulur  seperti putih telur mentah. Setelah beberapa hari berubah menjadi lengket / kental kembali dan akhirnya berhenti/ kering.

Hari  hari Subur : adalah hari hari adanya lendir yang terasa licin dan basah dan selama           tiga hari  berikutnya .

Kadang-kadang ada sedikit darah / bercak darah yang keluar dengan lendir, biasanya hal ini       menunjukkan bahwa telur sedang dikeluarkan dari indungnya dan berarti bahwa wanita yang      tersebut  dalam keadaan subur.

  • Bila anda ingin punya anak :
    1. Perhatikanlah hari hari dimana wanita tampak atau terasa adanya lendir yang basah dan licin dan mulur (seperti putih telur mentah). (mungkin hal ini tidak terjadi dalam setiap siklus).
    2. Kesempatan untuk menjadi hamil adalah bila hari-hari ini di gunakan untuk sanggama. Untuk mempertinggi kesuburan sebaiknya suami mengadakan pantang sanggama selama beberapa hari sebelum mengadakan hubungan kelamin / sanggama supaya spermanya banyak.
    3. Bila sanggama dilakukan pada hari-hari awal adanya lendir atau disebut pada masa perkembangan lendir (sebelum hari puncak subur), kemungkinan paling besar yang akan lahir adalah anak perempuan. Sedang bila anda menginginkan anak lelaki , senggama dilakukan pada hari terakhir adanya lendir basah dan licin ( hari puncak subur) dan hari berikutnya (hari ovulasi).

  • Bila anda tidak menginginkan anak :

1.      Jangan bersanggam pada hari Haid. Selain karena alasan kesehatan  juga karena pada akhir haid kemungkinan lendir sudah mulai keluar, tetapi tidak kelihatan / terasa karena tercampur dengan darah Haid. Hal ini dapat terjadi pada siklus pendek.

2.      Jangan ber sanggama pada waktu masa subur yaitu hari-hari waktu keluar lendir yang licin basah, ditambah 3 hari 3 malam sesudahnya.

3.      Jangan bersanggama pada hari dimana terjadi sedikit perdarahan diantara dua masa haid dan selama tiga hari sesudahnya.

Pelaksanaan Metode Ovulasi :

Ada 2 syarat  yang harus dipnuhu agar cara ini betul-betul dapat diandalkan sebagai KB yang aman :

  1. Dari pihat istri : harus perlu membiasakan diri untuk memperhatikan keadaan tubuh sendiri (khususnya dalam hal lendir) untuk dapat mengerti dan memastikan kapan masa suburnya. Untuk itu pada tahappermulaan mutlak perlu mengadakan pengamatan & pencatatan.
  2. Dari pihak suami : perlu kerelaan untuk menyesuiakan diri dengan keadaan tubuh istrinya dalam hubungan sek / sanggama.

Yang sangat penting adalah kerjasama dan pengertian dari pihak suami.metode ini mensyaratkan kerjasama yang kompak antara suami istri dan kerelaan untuk ” pantang ” hubungan sek / sanggama pada hari-hari dimana istri sedang dalam masa subur.

Pedoman Pencatatan (Istri ):

  1. Bila anda ingin mengetahui tanda-tanda lendir dengan jelas hindarilah segala bentuk hubungan kelamin / persetubuhan kelamin selam satu siklus mentruasi / Haid.
  2. Mulailah dengan pengisian formulir hari ini juga. Anda tidak usah menunggu sampai hari haid/mentruasi tiba. Sediakan buku tulis atau block note dan spidol berwarna.
  3. Pengamatan dapat dilakukan sewaktu-waktu sepanjang hari, tapi dianjurkan dilakukan 3 kali sehari (pagi,siang dan malam).
  4. Pengisian form ini sebaiknya dilakukan pada malam hari, isilah tanggal dan hari lalu tulislah apa yang anda amati atau anda rasakan pada hari itu. Lalu berilah tanda dengan spidol berwarna sesuai dengan petunjuk berikut :
    • Bila HAID mulai/ tiba , tulisalah tanggal pada ruas baris ketiga dan mulailah dengan pemberian  warna dengan spidol merah pada ruas baris kedua. Meskipun sedang haid lendir dapat keluar, HARAP WASPADA !! (terutama bila haid sudah mulai berkurang). Tulisalah bila ada lendir dengan darah mentruasi (vlek- vlek) yang keluar pada ruang baris keempat.
    • Bila haid berhenti dan dirasakan kering pada alat kelamin (sekitar rongga sanggama) atau tidak ada pengeluaran lendir maka tulislah kering dan  tandailah dengan spidol berwarna hijau pada malam harinya sampai rasa kering berhenti.

Hari-hari kering ini adalah hari hari tidak subur pertama (MASA AMAN I)hari-hari aman dan       boleh untuk bersangga tanpa ada kemungkinan hamil.Tapi untuk amanya dipakai Peraturan Hari       Awal yaitu “Selang Seling”(jangan 2 hari berturut turu ber sanggama).

Tapi kadang-kadang hari-hari kering ini tidak ada sama sekali atau panjang sekali, ini tergantung       pada panjangnya siklus mentruasi.Terutama bagi mereka yang siklus haidnya tidak teratur

kemungkinan hari-hari kering tidak ada harus mendapat perhatiaan khusus.

    • Banyaknya hari kering sesudah haid tidak tentu, mungkin sekitar 3-5 hari tapi mungkin jugatidak ada sama sekali atu justru panjang sekali. Hal ini tergantung dari cepat atau lambatnya ovulasi dan mentruasi berikutnya juga ikut di pengaruhi psikologis wanita yg bersangkutan.
    • Kalau rasa kering pada alat kelamin berhenti / hilang maka ini pertanda kalau LENDIR mulai dikeluarkan dan mengalami perubahan dari hari ke hari. Catatlah sifat lendir yang dirasakan. Selama lendir yang keluar bersifat keruh isilah dengan warna kuning. Pada hari-hari keluarnnya lendir ini sebaiknya jangan melakukan hubungan senggama /sek.
    • Menjelang Ovulasi sifat lendir yang keluar makin jernih dan cair, memberikan rasa licin dan basah, dan bila direntangkan antara jempol dan jari merentang panjang tanpa putus (lihat gambar). Lendir tersebut seperti putih telur mentah. Berilah kode warna putih/ biru dengan gambar bayi. LENDIR INILAH YANG MENBUAT WANITA SANGAT SUBUR. Pada saat ovulasi kadang-kadang dirasakan sakit disekitar lambung, pada kunci paha.
    • Hari terakhir pada pengeluaran lendir yang licin, basah, pada vulva adalah PUNCAK kesuburan atau hari paling mungkin menjadi hamil.Dalam catatan di tandai X.
    • Hari pertama sesudah puncak ditandai dengan keluarnya lendir yang keruh lagi dan sedikit lengket atau langsung berhenti sama sekali sehingga terasa kering kembali.Bila ini terjadi anda dapat menentukan hari puncak dengan memberi tanda silang (X) pada hari itu. Tapi jika bila lendir yang keluar masih licin dan basah berarti anda belum melewati puncak, walaupun lendir yang keluar keruh / buram.
    • Selama 3 hari sesudah hari puncak anda masih dalam keadaan subur, jadi masih pantang ber senggama. Seandainya dalam waktu 3 hari itu masih ada lendir yang keluar (lengket, dan keruh) maka harus di catat dan gunakan kode berwarna kuning (gambar bayi).jika lendir habis dan anda merasa kering gunakan warna hijau (gambar bayi).
    • Pada hari ke-4 sesudah hari puncak jika anda merasa kering berilah kode hijau polos. Mulai malam hari ini, semua hari sisa siklus (sampai haid berikutnya) adalah AMAN (tidak subur) untuk bersenggama.Walaupun masih ada lendir keruh keluar. Catatlah lendir ini dengan warna kuning.
    • Haid berikutnya akan terjadi sekitar 2 minggu (12 -16 hari, minimal 10 hari) sesudah hari puncak kesuburan. Jika haid tiba periksalah apakah penentuan anda mengenai hai puncak sesuai dengan jangka waktu itu.
    • Jika Haid berikutnya mulailah mencatat siklus baru di halaman atau kolom baru. Catatlah tanggal mulainya haid dan hari, urut mulai lagi dari satu. Jangan lupa mencatat perubahan hari itu setiap malam. Jangan mengira bahwa bulan yang satu harus sama dengan bulan yang lain meskipun pada wanita yang sama.
    • Ada baiknya setiap kali senggama di beri suatau tanda (misal tanda anak panah) dalam catatan anda. Sekurang-kurangnya hari senggama terakhir sebelum masa subur dan senggama pertama setelah masa subur. Dengan demikian kesalahan akan cepat  diketahui dan tidak terulang lagi.
    • Pada istri hamil tidak perlu melakukan pencatatan. Kira-kira 1 bulan atau 40 hari setelah melahirkan pencatatan dilakukan lagi agar dapat diketahui kapan kembalinya kesuburan dan supaya tidak “kesundulan” jadi jangan menunggu sampai mulai jhaid lagi.


Responses

  1. susi, nita gak ngerti gimana tabelnya. kasih contoh atuh biar lebih jelas

  2. persentase jenis kelamin yang akan dilahirkan pada saat-saat yang udah dijelasin brapa ya?kalo sekitar 50 mah berarti tetep kumaha Allah keneh atuh

  3. sebenernya ada gambarnya (dan tabel) dari susi yang mugnkin bisa memperjelas sih tp kesulitan meng up load euy nit.

    maap ya sus masih blm bisa masukin gambarnya nih

  4. o gitu, nuhun sebelumnya.kalo belum bisa kirim ke nita aja dulu? nita niat banget ya?soalnya lagi program juga neh buat yang kedua ;P

  5. mbak susi diem2 hebat juga yaaaa….

  6. untuk gambarnya bisa dilihat dengan jelas disini aja http://siveteriner.blogspot.com/search/label/sexologi

    mudah dipahami deh pokoke

  7. wah wah bu Nita nih ngebet bangets hehehe…
    to mas Sahid thanks ya..biasa aj kok cuma sharing dr email temen mas

  8. bagus tuh sus…

    sy sdh baca bukunya dan sudah dipraktikan…

    hasilnya OK BANGET……..

    anak pertama sy sdh 3 tahun 2 bulan dan sekarang belum punya adik padahal tidak ikut KB

    TAPI INGAT ….. JANGAN DIPRAKTIKAN SAMA YANG BELUM NIKAH……..

  9. Susi kalo prakteknya sama nenek-nenek boleh gak? soalnya gue punya temen yang tinggal diCipanas spesialisasi janda tua dan nenek-nenek…temen gue ntu pengen cepet punya anak tapi gak ngerepotin…dan BUKAN rahasia Umum lagi, nuhun atas jawabannya…!

  10. be yang di cipanas kan udah mau nikah juga nopember jadi perlu diberi tau biar ga sala jalan he..he..he

  11. haha…kayaknya perlu dikasih tau dari sekarang bon,soalnya terakhir dia lagi deket ma Riza pAhlevi…takut salah lubang haha…

  12. Klo bener2 paham akan metode ini dijamin dech pasti cepet dapet si kecil……,
    kami sudah membuktikannya…,
    bulan pertama pernikahan ngk pke metode apa2 ya bismilah aj….,
    bulan kedua ada sodara yg kasih info ini
    trus kami coba dech…,hasilnya TOKCER!!!!
    skarng usia kehamilan saya sudah 4 bulan…,
    kabarkan pada sanak saudara yg pengen cepet hamil insya4JJI terbukti…,

  13. salam kenal, minta ijin d kopi ya mbak…..

  14. like this one…ijin d kopi boleh y mbak…
    makasih

  15. bacaan bagus untuk para wanita….

  16. aku bingung lum ada gambaran.. beri contoh gambar lendir dan tabel..

  17. […]  genetika21.wp Categories: Artikel yang kusukai LikeBe the first to like this post. Comments (0) […]

  18. Bacaan yang bagus supaya gak hamil lagi…..

  19. Reblogged this on line of my life and commented:
    Bahan kuliah di MK Perkembangan Hewan. Ada juga nih link lain di http://www.woomb.org/bom/lit/teach/index_id.html
    Berguna untuk mahasiswa biologi, kedokter

  20. VigRX Plus Capsule | Obat Pembesar Penis dan Alat Vital
    Macam2 Obat Pembesar Penis yang unggul Obat Viamax Original | Pembesar Penis dan Alat Vital
    VigRX Plus Capsule | Obat Pembesar Penis dan Alat Vital telah bekerja keras untuk mengatasi masalah Pria di seluruh dunia selama sebelas tahun terakhir, buktikan sendiri dan nikmati kehidupan seksual yang selama ini anda impikan !
    VigRX Plus Capsule | Obat Pembesar Penis dan Alat Vital, terus berinovasi untuk memberikan suplemen herbal terbaik untuk lebih tahan lama di tempat tidur. Inilah saatnya untuk menikmati kehidupan seksual yang luar biasa.

    Aspek paling penting dalam hubungan adalah rasa intim antara keduanya. Dalam waktu singkat , Anda akan melihat hasil yang signifikan dan mengubah fisik Anda ke kondisi prima. Apa yang selama ini Anda benar-benar inginkan! Apa yang selama ini selalu Anda dambakan!

    Bagaimana VigRX Plus Capsule | Obat Pembesar Penis dan Alat Vital Bekerja?

    Di dalam penis anda ada 2 silinder (Corpora Cavernosa) yang diisi dengan darah setiap kali Anda terangsang, yg menyebabkan ereksi

    Kekuatan ereksi, panjang, ketebalan dan kekerasan tergantung pada kapasitas Corpora Cavernosa, yang mana semua menurun karena usia.
    Formulasi unik kami dengan bahan herbal alami menargetkan jaringan penis dan membantu Corpora Cavernosa untuk meningkatkan kapasitas selama ereksi berlangsung.
    VigRX adalah satu-satunya produk yg mengandung campuran eksklusif bahwa kami telah menemukan cara tercepat dan paling efektif.
    Rahasia VigRX sekarang dapat menjadi milik Anda.
    Berkat penambahan Bioperine, ramuan super yang dapat membantu tubuh Anda menyerap kandungan herbal dengan lebih cepat dan maksimal, VigRX Plus sekarang tidak hanya menjadi produk yang paling efektif dari yang lainnya, tetapi Anda juga mendapatkan manfaat dalam waktu yang lebih cepat.
    VigRX Plus mendapat Rating no 1 di dunia, jika Anda sudah mencoba yang lainnya, Anda benar-benar perlu mencoba Vigrx Plus, yang terbaik dan Anda tidak akan pernah kembali memakai yang lai
    Apa yang bisa saya harapkan dari VigRXPlus?

    VigRX Plus Capsule | Obat Pembesar Penis dan Alat Vital

    Bulan #1: Minum 2 tablet setiap hari setelah makan untuk memastikan bahwa tubuh Anda terbiasa dengan jumlah dan dosis yang tepat. Di bulan pertama ini anda akan merasakan Ereksi anda akan semakin keras dan mudah dikontrol.
    Bulan #2: Anda akan mulai melihat perbedaan nyata dalam bentuk penis anda. Ereksi Anda akan lebih kuat, keras dan Anda akan menemukan lebih banyak energi seksual daripada sebelumnya.
    Bulan #3: Ereksi Penis anda akan jauh lebih keras dari sebelumnya, seperti batu. Anda akan melihat perubahan panjang dan tebal penis anda serta kinerja seksual Anda akan bertambah.
    Bulan #4 – 12: Semakin lama dikonsumsi, Vigrx plus akan sangat memuaskan. Anda sekarang bisa yakin dengan keefektifan formula VigRX Plus. Karena herbal, anda dapat terus mengkonsumsinya sampai titik di mana anda sudah merasa cukup dengan perubahan ukuran penis anda.

    Semua perubahan ukuran adalah permanen setelah konsumsi minimal selama 90 hari. Anda pasti puas telah memilih VigRX Plus Capsule | Obat Pembesar Penis dan Alat Vital setelah mungkin mencoba berbagai produk lainnya yang tidak berhasil.
    Harga : Rp. 700.000

    OBAT HERBAL PEMBESAR PENIS VIGRX PLUS.
    PRODUK KHUSUS DEWASA
    Kunjungi Produk Pembesar Penis Pria Dewasa #RECOMMENDED !!!

    Vimax Oil | Pembesar Penis dan Alat Vital Pria
    Obat Viamax Original | Pembesar Penis dan Alat Vital
    Obat Vimax Pills 60 Capsule Canada Pembesar Penis
    VigRX Plus Capsule | Obat Pembesar Penis dan Alat Vital
    Oil Lintah | Minyak Pembesar Penis dan Alat Vital
    Vacum Pompa Handsome Up | Pembesar Penis dan Alat Vital
    Alat Vacum Tarik | Pembesar Penis dan Alat Vital
    Oil Cobra Super | Minyak Pembesar Penis dan Alat Vital
    Oil Black Mamba | Minyak Pembesar Penis dan Alat Vital
    Arabian Oil | Minyak Pembesar Penis dan Alat Vital
    hub wati wijaya,081362033338

  21. Great web site. Plenty of helpful info here.
    I’m sending it to several pals ans additionally sharing in
    delicious. And obviously, thank you for your effort!


Leave a comment

Categories