Posted by: genetika21 | 5 January 2011

Dua Pasien Rabies Meninggal DI RSUP SANGLAH

Antara, 4 Januari 2011

Denpasar, 4/1 (ANTARA) – Dua pasien terduga atau “suspect” rabies yang dirawat di Rumah SakitUmum Pusat Sanglah, Denpasar, Provinsi Bali, meninggal dunia.

“Kedua korban yang terdiri atas satu orang dewasa, dan anak-anak itu, sama-sama menjalani perawatan kurang dari 24 jam, dan kemudian meninggal dunia. Artinya, mereka terlambat dibawa ke rumah sakit atau dokter,” kata Kepala Sub Bagian Humas RSUP Sanglah dr IGNA Putra Wibawa, di Denpasar, Selasa.
Ia mengatakan kedua pasien memiliki gejala klinis layaknya penderita rabies, dan saat masuk RSUP Sanglah kondisinya sudah kritis. Virus penyakit anjing gila itu diduga sudah menjalar ke seluruh tubuh kedua pasien tersebut.
Gejala yang terlihat saat kedua pasien masuk RSUP, kata dia di antaranya kedua pasien takut terhadap air atau “hydrophobia”, dan juga tidak berani menatap cahaya.
Menurut Putra, kedua nyawa pasien itu tidak tertolong karena terlambat ditangani akibat kekurangpahaman warga masyarakat mengenai penanganan korban gigitan anjing.
“Berdasarkan laporan yang kami terima, kedua pasien pernah digigit anjing, dan hingga meninggal dunia belum pernah mendapatkan vaksin anti rabies (VAR). Akibat ketidaktahuan masyarakat itulah yang menyebabkan kembali jatuh korban jiwa,” katanya.
Pasien rabies yang meninggal dunia itu adalah Putu Adi Sucipta Yasa warga Banjar Pancingan, Kusumba, Kabupaten Klungkung, dan Wayan Sujana (36) asal Banjar Dinas Pelisan, Pedahan Kaja, Kubu, Kabupaten Karangasem.
Ditambah dua korban terakhir itu, sejak 2008 atau setelah kasus rabies kembali merebak, di wilayah Bali sudah 116 orang meninggal karena tabies. (T.T007/B/M008/M008) 04-01-2011 20:49:52 NNNN

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: