Posted by: genetika21 | 30 December 2010

DISNAK Eliminasi Anjing Liar Cegah Rabies

Antara, 2c Desember 2010

Bengkulu, 29/12 (ANTARA) – Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu Propvinsi Bengkulu melakukan eliminasi anjing liar di daerah setempat untuk mencegah penyebaran penyakit rabies.

“Kami sudah mulai melakukan eliminasi anjing liar yang banyak meresahkan warga dan sekitar 30 ekor hewan tersebut berhasil dieliminasi,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu Hauliantua Pohan, Rabu.

Ia mengatakan, eliminasi anjing liar berlangsung di Kecamatan Muara Bangkahulu, Sungai Serut dan Teluk Segara Kota Bengkulu. Adapun lokasi pengeliminasian meliputi terminal Sungai Hitam, simpang Tugu Hiu, simpang Nakau dan Kampung Bali Kota Bengkulu.Selanjutnya, lokasi yang akan dituju yakni Kecamatan Ratu Agung, Ratu Samban, dan Gading Cempaka Kota Bengkulu.”Untuk mencegah kesalahan eliminasi, kami meminta warga mengikat hewan peliharaan masing-masing agar tidak menjadi korban pemusnahan,” katanya.

Ia menerangkan, populasi anjing di Kota Bengkulu saat ini sudah mencapai 8.025 ekor. Dari angka tersebut sebanyak 30 persen diantaranya tergolong anjing liar dan beresiko menularkan penyakit rabies.

“Salah satu upaya Pemerintah Kota Bengkulu melakukan pemusnahan anjing liar yakni dengan cara mengeliminasi,” katanya.Anjing liar yang akan dieliminasi merupakan anjing yang banyak berkeliaran di tengah malam seperti sekitar tempat sampah, pasar, terminal, rumah makan, dan pemukiman warga.

Untuk melaksanakan kegiatan eliminasi anjing liar tersebut akan dilibat Satuan Polisi Pamong Praja dan staf Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu sebanyak enam orang. Jumlah anjing liar yang direncanakan akan dieliminasi sebanyak 124 ekor.Eliminasi dilakukan selama tiga hari sekitar pukul 23.00 WIB dengan memberikan umpan daging yang ditambah racun strichine pada anjing liar. (T.pso-213/B/M027/M027) 29-12-2010 21:33:51 NNNN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: