Posted by: genetika21 | 22 December 2010

Balikpapan Masih Waspada Flu Burung

Antara, 21 Desember 2010

Balikpapan, 21/12 (ANTARA) – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan hingga kini belum menurunkan status waspada flu burung yang sudah ditetapkan sejak 3 Oktober 2010 oleh Walikota Balikpapan. Alasan masih diberlakukan status waspada akibat masih ditemukannya hewan unggas yang mati secara mendadak di Balikpapan, kata Kabid Kehewanan Dinas Pertanian, Kelautan dan Peternakan Kota Balikpapan, dr Budijanto, Selasa. Ia mengatakan, hewan unggas selama ini masih ditemukan mati mendadak dan masih banyak ayam peliharaan yang, sehingga masih ditetapkan status waspada. 

Pihaknya masih menemukan lima ekor ayam yang mati mendadak di pemukiman warga kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara. “Kami mendapat laporan demikian, saya sudah perintahkan untuk diperiksa segera,” tegas Budijanto. Menurut Budijanto yang terpenting dilakukan warga untuk menekan sekecil mungkin penyebaran flu burung adalah sikap peduli atas kebersihan kandang, kebersihan hewan, dan peduli atas kebersihan diri dan keluarga. 

“Itu yang terpenting. Yang namanya virus siapa yang dapat mengetahui kalau kita sendiri tidak lakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan,” tandasnya. Selama ada ayam kampung yang berkeliaran serta kebersihan kandang dan kesehatan hewan tidak terjaga maka penyebaran virus sangat rentan terjadi di daerah itu. Oleh sebab itu meski jumlah hewan yang mati berkurang, namun kewaspadaan dan pengawasan termasuk tim surveilance (pengawasan) di tingkat kelurahan tetap dilakukan. “Ada laporan atau tidak tim surveilance tetap jalan,” tegas Budijanto lagi. 

Sementara penyebaran virus yang menjangkiti tubuh manusia, sejauh ini tidak ditemukan meski sebelumnya ditemukan suspect lima orang warga Balikpapan dan diisolasi di RS Kanujoso Djatiwibowo. “Yang lima suspect itu negatif dan sudah sehat sehingga sekarang tidak ada lagi yang suspect,” kata Kepala Dinas Kesehatan Dyah Muryani. (T.pso-188/B/I006/I006) 21-12-2010 11:27:13 NNNN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: