Posted by: genetika21 | 22 December 2010

Bali Anggarkan Rp25 Miliar Berantas Rabies 2011

Antara, Desember 2010

Denpasar, 21/12 (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Bali menganggarkan Rp25 miliar untuk program penanggulangan rabies pada tahun 2011. “Pada tahun 2011 program penanggulangan rabies tetap merupakan program prioritas, khususnya di Dinas Peternakan Provinsi Bali. Sekitar 300 ribu ekor anjing di seluruh Bali sudah ditargetkan jadi sasaran vaksinasi massal yang sebagian besar merupakan vaksin ulangan (booster),” kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali Putu Sumantra di Denpasar, Bali. Ia mengatakan, vaksinasi anjing massal itu merupakan tindaklanjut dari vaksinasi massal yang tidak bisa dilaksanakan secara optimal pada tahun 2010 akibat keterlambatan pencairan dana operasional vaksinasi massal yang dijanjikan oleh Kementerian Pertanian sebesar Rp14 miliar. 

Sementara pada tahun anggaran 2011, kata dia, pemerintah pusat sudah menjanjikan penyaluran dana Rp20 miliar untuk kegiatan penanggulangan rabies di Bali. Begitu juga Pemprov Bali sudah mengalokasikan anggaran Rp6 miliar pada APBD Bali 2011 guna mendukung dana yang dikucurkan pemerintah pusat tersebut. “Pemprov Bali merencanakan untuk melaksanakan vaksinasi anjing massal pada Mei hingga Juni 2011 sebagai upaya penanggulangan penularan rabies di Bali,” kata lelaki asal Kabupaten Gianyar itu. 

Sumantra mengatakan, vaksinasi akan berjalan sesuai rencana apabila dana operasional yang dijanjikan pemerintah pusat pencairannya tidak mengalami keterlambatan. Ia berharap, dana pusat itu sudah bisa dicairkan pada Februari 2011. Sehingga program penggulangan akan bisa berjalan efektif. “Kegiatan ini harus serentak. Bila dana pemerintah pusat bisa cair sesuai rencana, maka pada Februari-Maret 2011 kami sudah bisa melakukan persiapan, sehingga Mei-Juni sudah dapat dilakukan vaksinasi massal,” ucapnya. 

Sumantra berharap bantuan dana dari pemerintah pusat untuk 2011 tidak sama nasibnya dengan bantuan dana sebelumnya yang awalnya dijanjikan cair pada Februari 2010, namun kenyataannya baru cair pada 15 November 2010. “Mudah-mudahan dana penanggulangan rabies tersebut bisa cair sesuai dengan yang direncanakan,” katanya. (T.I020/B/R010/R010) 21-12-2010 16:55:54 NNNN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: