Posted by: genetika21 | 20 December 2010

Lima Kecamatan Di Singkawang Dapat Kelambu Antimalaria

Antara, 17 Desember 2010

Singkawang, 17/12 (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kota Singkawang membagikan kelambu antimalaria kepada masyarakat di lima kecamatan Kota Singkawang. “Dengan adanya program kelambunisasi ini lantas jangan semua telah selesai dalam menekan angka penyakit malaria. Namun hal ini harus dibarengi dengan perilaku masyarakat yang selalu menjaga kebersihan lingkungan wilayahnya,” kata Wali Kota Singkawang, Hasan Karman, Sabtu. 

Wali Kota Singkawang mengungkapkan kalau program kelambunisasi ini sangat baik dalam menekan angka penyakit malaria. Dia mengungkapkan rasa senang sekaligus bangga dengan apa yang telah diberikan oleh Global Funds yang sangat peduli dengan Kota Singkawang. Menurut dia, program kelambunisasi ini harus disosialisasikan dengan baik, agar pencegahan dapat dilakukan secara efektif. 

“Dengan kelambu ini juga bukan hanya untuk mencegah malaria saja, namun juga DBD (demam berdarah dengue),” jelas dia. Kadis Kesehatan Kota Singkawang Nurmansyah menjelaskan bahwa penyakit malaria secara skala nasional masih cukup tinggi, sehingga pemerintah daerah harus selalu mengeluarkan suatu program untuk menekan penyakit malaria itu.

“Sebanyak 85 persen kabupaten dan kota yang ada di Indonesia endemis malaria,” jelasnya. Tujuan pemerintah secara utuh, kata Nurmansyah, adalah meningkatkan akses diagnosa secara dini dan hal ini harus didukung dengan perlunya keterampilan secara medis. Tujuan lainnya kata Nurmansyah, adalah dapat meningkatkan cakupan terapi, serta adanya penurunan angka kematian, yaitu dengan program kelambunisasi yang seperti sekarang ini.

“Kelambu yang dibagikan ini mengandung insektisida,” katanya. Dikatakan dia, kelambu dibagikan secara merata di 20 kelurahan yang ada di Kota Singkawang. Sedangkan untuk empat kelurahan di Kecamatan Singkawang Barat, kelurahan Condong, dan Kelurahan Jawa tidak mendapatkan kelambu, karena daerah tersebut memiliki potensi yang sangat kecil untuk datangnya penyakit malaria. (tpso 169) (U.pso-169/C/Z004/Z004) 18-12-2010 09:12:19 NNNN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: