Posted by: genetika21 | 16 December 2010

Dispernak Bangka Eliminasi Dua Ribu Anjing

Antara, 15 Desember 2010

Sungailiat, Bangka 15/12 (ANTARA) – Dinas Pertanian dan Peternakan atau Dispernak Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, sejak Januari hingga November 2010 sudah melakukan eliminasi dua ribu anjing liar untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies.
“Dua ribu anjing liar yang berhasil kami musnahkan tersebut dari dua kecamatan yaitu, Kecamatan Sungailiat dan Kecamatan Belinyu,” kata Kepala Bidang Peternakan, Dispernak Kabupaten Bangka, Rahmani di Sungailiat, Rabu.
Ia mengatakan, eliminasi anjing liar merupakan program Pemerintah Kabupaten Bangka dalam mencegah terjadinya penyakit rabies yang ditimbulkan anjing.
“Meskipun selama ini belum didapatkan masyarakat yang terkena penyakit rabies namun pencegahakan perlu dilakukan,” katanya.
Menurutnya, program eliminasi anjing liar tetap dilanjutkan pada program 2011 karena diduga masih terdapat populasi anjing liar di Kabupaten Bangka yang mencapai ribuan ekor jumlahnya.
“Program eliminasi anjing liar terus kami lakukan sampai benar-benar daerah Kabupaten Bangka bebas anjing liar,” katanya.
Ia mengatakan, pemusnahan anjing liar harus dilakukan secara bertahap karena tidak semua anjing langsung mati pada saat diracun.
“Pada saat dilakukan pemusnahan dengan pemberian rancun tidak semua anjing dapat mati, ada sebagian jenis anjing yang kuat menahan rancun,” katanya.
Rahmani mengatakan, akibat dari anjing tidak hanya masalah rabies tetapi dapat menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas.
“Sudah banyak banyak masyarakat pengguna jalan yang mengalami kecelakaan baik luka ringan, berat sampai meninggal dunia akibat menabrak anjing,” katanya.
Ia mengatakan, untuk korban rabies sendiri hingga kini belum ada masyarakat yang menderita rabies akibat gigitan anjing liar. (T.KR-KMN/B/M027/M027) 15-12-2010 23:00:31 NNNNCopyright © ANTARA

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: