Posted by: genetika21 | 13 December 2010

Kasus Flu Burung Di Pangkalpinang Meningkat

Antara, 10 Desember 2010

 

Pangkalpinang, 10/12 (ANTARA) – Angka Kasus Flu Burung Di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Pada 2010 Mengalami Peningkatkan Karena Rendahnya Kesadaran Masyarakat Mengantisipasi Unggas Terkena Wabah Virus Influenza A H5N1 Itu.
“Pada 2010 Ditemukan Sebanyak Sembilan Kasus Flu Burung, Meningkat Dibanding 2009 Sebanyak Enam Kasus,” Kata Kabid Perternakan Pada Dinas Pertanian Ghozali Di Pangkalpinang, Jumat.

Ia Menjelaskan, Flu Burung Sangat Rentan Pada Musim Hujan Seperti Desember, Januari Dan Maret Sehingga Harus Diantisipasi Dengan Memberi Pemahaman Dan Sosialisasi Kepada Pemilik Unggas.

“Flu Burung Rentan Berkembang Pada Musim Hujan Karena Kurangnya Sinar Matahari Dan Bisa Mewabah Melalui Aliran Air, Ditambah Lagi Pemilik Unggas Kurang Memperhatikan Cara Memilihara Agar Terbebas Dari Flu Burung,” Ujarnya.

Ia Mengatakan, Berbagai Penyakit Unggas Memasuki Pergantian Musim Hujan Ke Musim Panas (Pancaroba) Karena Rentan Menjangkiti Peternakan Unggas Di Daerah Itu.

“Pada Musim Pancaroba, Penyakit Yang Rentan Menyerang Unggas Jenis Ayam Adalah Jenis Newcasftle Discase (ND) Atau Lebih Dikenal Dengan Tetelo Dan Flu Burung (Avian Influenza/AI),” Katanya.

Ia Mengatakan, Kewaspadaan Penting Karena Setiap Tahun Memasuki Pancaroba Ratusan Ternak Ayam Di Pangkalpinang Mati Diserang Virus Penyakit Seperti Penyakit Tetelo Dan Flu Burung.

“Tetelo Ini Hampir Mirip Dengan Flu Burung Yang Saat Ini Ditakuti Masyarakat Karena Penyebaran Dan Menularkan Virus Penyakit Itu Sangat Cepat Dan Mematikan,” Ujarnya.

Pihaknya Membentuk Tim Untuk Mendeteksi Kasus Flu Burung Sejak Dini Dan Diharapkan Partisipasi Masyarakat Melaporkan Manakala Menemukan Kasus Tersebut.

“Tim Ini Bertugas Mengantisipasi Dini Penyebaran Flu Burung, Namun Diharapkan Partisipasi Masyarakat Untuk Melaporkan Dan Petugas Segera Turun Ke Titik Rawan Flu Burung Dalam Upaya Antisipasi Dini,” Ujarnya. (T. KR-HDI/ (T.KR-HDI/C/S019/S019) 10-12-2010 22:33:26 NNNN

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: