Posted by: genetika21 | 13 December 2010

Empat Kelurahan Di Pangkalpinang Endemis Malaria

Antara, 11 Desember 2010

 

Pangkalpinang, 11/12 (ANTARA) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mencatat Empat Kelurahan Endemis Malaria, Karena Banyak Ditemukan Jentik Nyamuk Yang Berpotensi Malaria.
“Empat Kelurahan Endemis Malaria Yaitu Air Itam, Genas, Ketapang Dan Kacang Pedang Yang Merupakan Daerah Diistilahkan Lumbung Malaria Sehingga Penanganannya Lebih Diprioritaskan,” Kata Pengola Program Malaria Pada Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Tri Endriyanto Di Pangkalpinang, Sabtu.
Ia Mengatakan, Penyebaran Malaria Pada Empat Kelurahan Itu Terus Ditekan Yang Diintervensi Dengan Berbagai Kegiatan Baik Penyuluhan, Sosialisasi Dan Membunuh Jentik Nyamuk Dengan Pengasapan.

“Jika Kasus Malaria Pada Lima Kelurahan Tersebut Menurun, Maka Secara Keseluruhan Kasus Malaria Di Pangkalpinang Juga Mengalami Penurunan Cukup Signifikan,” ujarnya.

Menurut Tri Endriyanto, Angka Kasus Malaria Di Empat Kelurahan Tersebut Mengalami Penurunan Yaitu Sebanyak Delapan Kasus Pada 2009 Menurun Menjadi Tiga Kasus Pada 2010.

“Rata-Rata Terjadi Penurunan Lima Per Mil Pada Kelurahan Yang Endemis Malarianya Tinggi,” Ujar Tri Endriyanto.
Ia Mengatakan, Persediaan Obat Malaria Mencukupi Pada Seluruh Puskesmas Di Kota Pangkalpinang Dan Angka Kasus Terus Mengalami Penurunan Sejak 2006 Hingga 2010.

“Pangkalpinang Bertekad Bebas Malaria Pada 2012 Dengan Menurunkan Angka Pesakitan, Kami Optimis Hal Itu Bisa Terealisasi,” ujar Tri Endriyanto.

Ia Mengemukakan, Bebas Malaria Bukan Berarti Tidak Ditemukan Sama Sekali Penyakit Malaria, Tetapi Angka Pesakitannya Lebih Rendah Jika Dibandingkan Jumlah Penduduk.
“Misalnya Dari Jumlah Penduduk Sebanyak 1.000 Orang Angka Pesakitannya Hanya Dua Orang, Maka Daerah Ini Sudah Bisa Dikatakan Terbebas Dari Penyakit Malaria,” tutur Tri Endriyanto. (T.KR-HDI/C/I006/I006) 11-12-2010 10:45:34 NNNN

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: