Posted by: genetika21 | 9 December 2010

Lampung Selatan Intensifkan Vaksinasi Unggas

Antara, 9 Desember 2010

Lampung Selatan Intensifkan Vaksinasi Unggas

Kalianda, Lampung, 9/12 (ANTARA)- Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mengintensifkan vaksinasi terhadap ternak unggas untuk menekan serangan flu burung di wilayah itu tahun 2011.  Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Lampung Selatan, Agung Kusmartuti, di Kalianda, Kamis, mengatakan, vaksinasi ini adalah upaya untuk membentuk kekebalan unggas terhadap serangan flu burung.

Dia menjelaskan, program ini merupakan program dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk menekan serangan flu burung di sejumlah daerah, terutama yang berstatus endemis. Dia mengemukakan, nantinya unggas yang terkena serangan flu burung akan ditangani dengan standar operasional prosedur (SOP), kemudian unggas lain akan diberikan vaksin. Kemudian, Disnak akan memantau sejauh mana keberhasilan vaksinasi tersebut untuk mengurangi serangan flu burung pada unggas di wilayah itu.

Untuk mendukung program intesifikasi tersebut, Disnak Lampung Selatan telah membentuk tim khusus berupa Petugas Veteriner Unggas Komersil (PVUK) yang akan memantau seluruh perusahaan perternakan komersil dengan jumlah ternak antara 5.000 hingga 10.000 ekor. “Seluruh tim tersebut telah mendapatkan pelatihan penanganan sesuai prosedur jika ada kasus,” kata dia Selain itu, Disnak juga terus mengantisipasi serangan flu burung terhadap unggas di daerah itu pada akhir tahun 2010.

“Kami menyiapkan 85 liter disinfektan untuk penyemprotan selama bulan Desember ini,” kata dia.
Di menjelaskan, disinfektan sebagian telah disalurkan untuk menyemprot sejumlah kandang unggas milik penduduk di 17 kecamatan kabupatan itu. “Kami tetap siaga pada akhir tahun ini untuk mengantisipasi serangan flu burung karena cuaca ekstrem terus berlangsung,” kata dia. Dia menerangkan, cairan pencegah penyebaran virus flu burung tersebut akan didistribusikan ke sejumlah daerah yang merupakan endemis penyebaran virus flu burung terhadap unggas, terutama sentra peternakan warga maupun komersil.

Kemudian, pihak dinas peternakan juga memastikan petugas tanggap flu burung di kecamatan siaga selama cuaca ekstrem terus berlangsung untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan. (PSO-048) (T.pso-048/C/H009/H009) 09-12-2010 08:42:58 NNNN

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: