Posted by: genetika21 | 8 December 2010

Warga Palabuhanratu Terserang Cikungunya

Seputar Indonesia, 8 Desember 2010

SUKABUMI (SINDO) – Lebih dari 100 warga Kampung Lumbung RW14, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, diduga terserang wabah cikungunya. Umumnya mereka mengalami gejala serupa yaitu bintik merah di sekujur tubuh disertai nyeri persendian. Wabah yang disebabkan gigitan nyamuk ini telah melanda ratusan warga dari dua RT di Kampung Lumbung, sejak dua pekan terakhir.Tidak hanya menyebabkan gejala bintik merah dan nyeri persendian saja, wabah ini juga telah merenggut nyawa seorang warga.

“Sudah dua minggu ini warga dihebohkan penyakit aneh, di beberapa bagian tubuh terdapat bintik-bintik merah. Tulang persendian juga terasa sangat ngilu. Kami menduga penyakit tersebut disebabkan gigitan nyamuk berwarna putih,” ungkap Saepuloh, 53,warga Kampung Lumbung. Dia mengatakan, penyakit ini tidak hanya menyerang seluruh anggota keluarganya yang berjumlah empat orang, tapi juga telah merenggut nyawa mertuanya bernama Opan Sopandi. 

Cikungunya juga mewabah hingga ke tiga perkampungan lainnya yakni Kampung Ranca Bungur, Badak Putih, dan Pangsor. Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL) Dinkes Kabupaten Sukabumi Dadang Sucipta menyatakan telah menerjunkan petugas survailance dari puskesmas setempat untuk melakukan penelitian atas jenis penyakit sekaligus penyebabnya.

“Belum bisa dipastikan apakah itu cikungunya atau bukan, sebab masih dalam penelitian.” (toni kamajaya)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: