Posted by: genetika21 | 8 December 2010

Subang Tanggulangi Penyebaran Rabies

Antara, 6 Desember 2010Disnak

Subang, 6/12 (Antara) – Dinas Peternakan Kabupaten Subang, Jawa Barat, Menggencarkan Penanggulangan Penyebaran Rabies Menyusul Ditemukannya Peningkatan Angka Gigitan Anjing Liar Di Daerah Itu. “Kami Mencatat Enam Kasus Gigitan Anjing Liar Hingga September 2010 Di Kabupaten Subang, Meningkat Dibanding 2009 Sebanyak Empat Kasus,” Ujar Kepala Bidang Kesehatan Hewan Pemkab Subang Agus Sugama Senin Di Subang. 

Menurut Agus, Teknis Penanggulangan Awal Yang Dilakukan Disnak Kabupaten Subang Adalah Identifikasi Peta Epidemiologi Sebaran Rabies Serta Gejala Klinis Di Lingkungan Masyarakatnya Disusul Eliminasi Jumlah Anjing Liar. “Demi Menanggulangi Penyebaran Rabies Di Subang, Kami Mengeliminasi Sedikitnya 1.000 Ekor Anjing Liar Setiap Tahun,” Tutur Agus. Upaya Vaksinasi Terhadap Hewan Peliharaan Juga Digencarkan Sebagai Bentuk Antisipasi Penyebaran Rabies. 

Mengenai Kasus Rabies, Agus Mengatakan, Sejak 2006 Hingga Saat Ini Belum Ada Korban Gigitan Anjing Atau Anjing Liar Itu Sendiri Yang Terserang Rabies. Pihaknya Juga Mengawasi Lalu Lintas Hewan Dari Luar Yang Masuk Ke Subang. “Kami Mengawasi Ketat Keberadaan Hewan Penyebar Rabies Yang Masuk Subang Selama Dua Minggu Ini Untuk Deteksi Dini Kondisi Kesehatan Hewan-Hewan Tersebut Jangan Sampai Menjadi Media Penyebar Rabies,” Tegas Agus. 

Berdasarkan Peta Epidemiologi Sebaran Rabies Di Kabupaten Subang, Terdapat Sebanyak Delapan Kecamatan Yang Merupakan Daerah Rawan Penyebaran Rabies Di Antaranya Kecamatan Subang, Jalancagak, Pagaden Serta Cipunagara. Agus Menjelaskan, Pihaknya Terus Menyosialisasikan Tentang Bahaya Rabies Serta Mengimbau Warga Untuk Segera Lapor Apabila Menemukan Kasus Gigitan Anjing Liar Di Lingkungannya. (T.Pso-051/C/R007/R007) 06-12-2010 12:53:51 Nnnn


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: