Posted by: genetika21 | 8 December 2010

Jumlah Anjing Yang Dieliminasi Menurun

Antara, 7 Desember 2010

Bengkulu, 7/12 (ANTARA) – Jumlah anjing liar yang akan dieliminasi oleh petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu pada 2010 menurun dibandingkan dengan 2009. “Pada 2009 lalu kami mengeliminasi sebanyak 200 ekor anjing liar namun kegiatan eliminasi untuk 2010 ini hanya akan dilakukan pada sebanyak 124 ekor saja,” Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu Hauliantua Pohan, Selasa. Ia mengatakan, menurunnya jumlah anjing liar yang akan dieliminasi tersebut karena anggaran untuk mengeliminasi tahun ini sangat terbatas. 

“Kami sudah mengusulkan anggaran untuk program eliminasi pada 2010 terhadap anjing liar yang banyak berkeliaran di daerah ini tetapi ditolak DPRD Kota Bengkulu. Hal itu sangat disayangkan sebab anjing liar sangat beresiko tinggi untuk menularkan virus rabies ke manusia.” katanya. Ia mengatakan, sebenarnya jumlah anjing liar yang ada sekitar 2.700 ekor tetapi racun yang diberikan dari Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu sangat terbatas sehingga hanya bisa mengeliminasi 124 ekor saja. 

“Bila program eliminasi terhadap hewan liar ditiadakan terus menerus, maka populasi hewan liar terinfeksi rabies akan terus bertambah dan sangat membahayakan keselamatan manusia,” katanya. Kegiatan eliminasi direncanakan akan dilakukan pada 28-30 Desember 2010. Untuk melaksanakan kegiatan eliminasi anjing liar tersebut akan dilibatkan Satuan Polisi Pamong Praja dan staf Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu sebanyak enam orang. 

Anjing liar yang akan dieliminasi merupakan anjing yang banyak berkeliaran di tengah malam seperti sekitar tempat sampah, pasar, terminal, rumah makan, dan pemukiman warga. “Eliminasi dilakukan selama tiga hari sekitar pukul 23.00 WIB dengan memberikan umpan daging yang ditambah racun Strechine pada anjing liar. Eliminasi juga bisa dilakukan atas swadaya dari masyarakat dengan meminta bantuan kepada dinas terkait” katanya. 

Ia mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan eliminasi anjing liar pada tahun ini dapat berjalan lancar sehingga target Bengkulu bebas rabies pada 2015 bisa terwujud. (T.pso-213/B/Z002/Z002) 07-12-2010 23:08:43 NNNN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: