Posted by: genetika21 | 6 December 2010

Lampung Selatan Antisipasi Serangan Flu Burung

Antara, 4 Desember 2010

Kalianda, Lampung, 4/12 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Terus Mengantisipasi Serangan Flu Burung (Avian Influenze) Terhadap Unggas Penduduk Daerah Itu Pada Akhir Tahun 2010.

“Kami Menyiapkan 85 Liter Disinfektan Untuk Penyemprotan Selama Bulan Desember Ini,” Kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan, Agung Kusmartuti, Di Kalianda, Sabtu.
Di Menjelaskan, Disinfektan Sebagian Telah Disalurkan Untuk Menyemprot Sejumlah Kandang Unggas Milik Penduduk Di 17 Kecamatan Kabupatan Itu.

“Kami Tetap Siaga Pada Akhir Tahun Ini Untuk Mengantisipasi Serangan Flu Burung Karena Cuaca Ekstrem Terus Berlangsung,” Kata Dia.  Dia Menerangkan, Cairan Pencegah Penyebaran Virus Flu Burung Tersebut Akan Didistribusikan Ke Sejumlah Daerah Yang Merupakan Endemis Penyebaran Virus Flu Burung Terhadap Unggas, Terutama Sentra Peternakan Warga Maupun Komersil.  Selain Itu, Cairan Tersebut Juga Akan Dipergunakan Saat Ditemukan Serangan Flu Burung Untuk Mengantsisipasi Penularan Hingga Radius Aman Dari Titik Serangan. Kemudian, Pihak Dinas Peternakan Juga Memastikan Petugas Tanggap Flu Burung Di Kecamatan Siaga Selama Cuaca Ekstrem Terus Berlangsung Untuk Melakukan Pencegahan Dan Penanggulangan.


“Mereka Terus Aktif Memberikan Bimbingan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat Untuk Menjaga Kebersihan Kandang Unggas Serta Penyemprotan Rutin Untuk Menekan Timbulnya Serangan,” Tutur Agung.  Lalu, Lanjut Dia, Para Petugas Juga Akan Dievaluasi Agar Benar-Benar Melakukan Tugas Di Lapangan Dengan Baik Guna Menekan Tingginya Serangan Virus Yang Mematikan Manusia Tersebut.  Dia Menambahkan, Untuk Mengantisipasi Serangan Di Level Perusahaan Peternakan Unggas Dengan Skala 5.000 Hingga 15.000 Ekor, Pihaknya Telah Membentuk Petugas Khusus Untuk Penanganan Unggas Komersil. Petugas Tersebut Yang Akan Menangani Serangan Flu Burung Dan Telah Dilatih Beberapa Waktu Lalu Yang Merupakan Proyek Percontohan Dari Direktorat Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan Mulai Pertengahan 2010. (Pso-048) (T.Pso-048/B/T013/T013) 04-12-2010 14:31:36 Nnnn

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: