Posted by: genetika21 | 3 December 2010

DINKES: Tujuh Warga Kabupaten Sukabumi Diserang Anjing Gila

Antara 2 Desember 2010

Sukabumi, 2/12 (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) mengungkapkan tujuh warga didua kampung diserang anjing gila.

Kabid Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL) Dinkes Kabupaten Sukabumi Dadang Sucipta di Sukabumi, Kamis, mengatakan, ketujuh korban sudah dirawat di Puskesmas setempat.Menurut dia, kejadian tersebut terjadi di Kampung Cijoho dan Citatah, Desa Calincing, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

“Ketujuh korban gigitan anjing gila tersebut sudah diberi suntikan VAR untuk mengantisipasi inspeksi akibat liur atau virus yang disebarkan anjing,” ungkapDadang menambahkan, ketujuh warga tersebut adalah Darji (48), Ojang (55), Agus (8), Yanto (10), Bi`ah (60), Risnawati (19) dan Farmi (55), saat ini kondisinya sudah membaik tetapi masih dalam pantauan pihaknya.

Selain itu, pihaknya menurunkan surveyor Dinkes Kabupaten Sukabumi untuk melakukan peninjauan dan pemeriksaan kepada anjing yang ada di kecamatan tersebut.Ia menuturkan, faktor penyebab ketujuh warga diserang anjing gila itu diduga anjing tersebut keluar dari persembunyiannya karena kehausan dan akhirnya menyerang warga sekitar.

“Biasanya anjing tersebut menyerang karena haus apalagi saat ini memasuki musim pancaroba yang peralihan musim hujan ke musim kemarau yang menyebabkan udara menjadi kering,” tutur Dadang.Untuk ke depan pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan mengimbau seluruh masyarakat khususnya yang memelihara anjing agar selalu waspada dan segera diberi vaksin rabies.

Lebih lanjut Dadang menandaskan ada beberapa daerah di kabupaten yang menjadi tempat bersarangnya seperti daerah yang masih memiliki hutan di daerah Sukabumi Selatan dan Pajampangan.”Untuk kepada korban gigitan akan diberikan vaksin sebanyak empat kali untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies,” tandas Dadang.Informasi yang dihimpun ANTARA, kejadian anjing menyerang warga terjadi pada Selasa 30/11.

Saat itu warga sedang melakukan kegiatan di sekitar rumahnya, tiba-tiba dari semak-semak datang seekor anjing dan kemudian menyerang warga. (T. PSO-052/ (T.pso-052/C/S019/S019) 02-12-2010 13:52:28 NNNN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: