Posted by: genetika21 | 2 December 2010

Hidup Bersih Cegah Flu Babi

Republika 2 Desember 2010

MADINAH – Pola hidup bersih seperti mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir merupakan salah satu cara terbaik mencegah flu babi, selain menerapkan etika bersin dengan menutup mulut. 

“Jamaah haji asal Indonesia harus bisa mengenali dan mengetahui bagaimana cara mengatasi penyebaran virus H1N1 alias flu babi. Pengetahuan itu berguna untuk meminimalisasi para jamaah terjangkit virus mematikan tersebut,” kata Wakil Kepala Daker Madinah Bidang Kesehatan, dr Mawardi Edi saat di kantor Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah, Rabu (1/12). 

Untuk hal ini, menurut dia, jamaah sudah diberi penyuluhan mengenai cara hidup bersih. Menurut Mawardi, upaya pengenalan terhadap gejala virus flu babi cukup mudah yakni memiliki ciri yang hampir sama dengan sakit influenza pada umumnya. Bedanya, si pasien biasanya diikuti dengan panas tubuh yang tinggi lebih dari 38 derajat Celcius. 

“Kami juga melakukan upaya deteksi dengan cara influenza like illnes (ILI), yakni kriteria klinis dengan suhu 38 derajat Celcius maka perlu diwaspadai apakah ada infeksi virus atau tidak,” ujar dia menjelaskan. Selain bisa mengetahui gejalanya, para jamaah juga harus mengetahui bagaimana mengantisipasi penyebaran penyakit. Salah satunya adalah mengenakan masker, termasuk pola hidup bersih.

Selain dengan cara-cara tersebut, berwudu dengan benar juga bisa meminimalisasi penyebaran penyakit menular bagi jemaah. Misalkan dengan mencuci tangan dan membersihkan hidung ketika berwudu dengan benar, bisa membuang bakteri yang menempel.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: