Posted by: genetika21 | 2 January 2009

Selamat tahun baru

– M.M. (Andi) Hidayat

Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, sudah 11 tahun lebih kita saling kenal sejak 1997.  Saya ingat Cecep dan Elin yang ada di sebelah saya waktu pertama placement test di GWW waktu itu, lupa tanggal nya tanggal berapa. Sampe kita masing masing pisah, ada yang pindah jurusan, ada yang wiraswasta dan ada yang milih bertahan di fkh.  Bicara tentang waktu, di awal tahun 2009 ini saya juga mendapatkan kiriman sebuah cerita dari seorang sahabat tentang waktu, ceritanya kira kira begini…

Seorang anak berkata pada bapaknya “Ayah, aku sedih dan  ingin bisa kembali ke masa lalu dan merubah beberapa hal supaya sekarang aku tidak sedih lagi”. Ayahnya menjawab dengan tenang  “wahai anakku, Apapun yang terjadi kemarin atau dimasa lalu hanyalah sejarah, yang dapat dipelajari namun tak dapat diperbaiki dirubah atau pun diagung-agungkan”.  “Segala yang terjadi di kehidupan kita adalah yang terbaik untuk kita, jangan pernah kau sesali”, lanjutnya lagi.

“Ayah juga pernah sepertimu, berandai andai bisa kembali ke masa lalu dan merubah semuanya menjadi lebih baik, sampai akhirnya aku sadar bahwa tidak ada gunanya berandai andai kembali dan memperbaiki masa lalu. Yang bisa kita lakukan adalah mensyukuri apa yang terjadi dimasa lalu dan apa yang kita punya sekarang untuk masa depan.  Itulah mengapa kita di ajarkan untuk menjaga waktu yang lima sebelum datang lagi waktu yang lima: muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, hidup sebelum mati dan senggang sebelum sibuk. Waktu tidak akan pernah perduli kita sedih, senang, susah, gembira atau apapun kondisi kita. Waktu akan terus berjalan”, lanjut ayahnya lagi seraya mengajak anaknya duduk di belakang rumah menikmati kopi dan pisang goreng buatan ibunya.

Ditahun yang baru ada baiknya kita kembali melakukan evaluasi dan refleksi tentang segala yang telah kita lalui selama ini. Penyesalan, kegagalan, keberhasilan, kesuksesan,  pencapaian apa yang patut dibanggakan, dipertahankan dan bahkan harus ditingkatkan kemudian hal-hal apa yang seharusnya bisa kita lakukan lebih baik lagi di tahun depan. Semoga kita senantiasa dapat memperbaiki kualitas hidup kita dari tahun ke tahun, mari kita buka lembaran baru di tahun yang baru ini.  Mohon maaf apabila di tahun sebelumnya ada kesalahan baik tindakan, perkataan taupun tulisan yang kurang berkenan buat rekan rekan semua.

Selamat tahun baru Hijriyah 1830 dan Masehi 2009.


Responses

  1. wah…bang andi sekarang tulisannya dah mirip mirip tulisan susi nii…he he…
    tapi bener ndi….sebenernya hal yang paling penting adalah selalu introspeksi dan evaluasi…usahakan lakukan setiap hari…disaat kita mengakhiriri kegiatan n bersiap untuk istirahat menyongsong hari esok…insya allah dgn hal tersebut kita akan selalu sigap,siap dan ikhlas dalam menerima setiap kenyataan dan takdir yang telah diberikan Tuhan kepada kita…
    jangan pernah menyesal atas apa yang telah dilakukan karena percaya atau tidak…semua hal tersebut adalah sebuah takdir….

  2. wah cecep sudah makin bijaksana aja dan kalo dari komentarnya kayaknya bukan cecep itu yang tulis. Kalo memang benar sepertinya sudah ada tanda-tanda siap berkeluarga. Siapa yang beruntung itu, semoga sumber sirep lah orangnya. Amin amin ya robbal alamin. InsyaAllah.

  3. Sahabat kolega semua
    Selamat natal bagi yang merayakannya
    Selamat tahun baru jawa 1 suro bagi yang punya
    tanggalan jawa dan selamat tahun baru 1 januari bagi semua tentunnya….
    Trims tuk semua moga sukses selalu
    dan tentunnya tuk genetika21….
    kang andi yang komandannya

  4. waduh kok nama susi disebut2 nih bang cecep …semoga di tahun baru segalanya lebih baik ya…btw denger2 gosipnya kmrn bang cecep nyalon nih jd bupati cianjur ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: