Posted by: genetika21 | 2 December 2008

Mengapa Aku Berkeluh Kesah?

– Susi (Sumber Sirep) –

Kenapa sih aku ga cantik…
Kenapa sih aku ga tinggi…
Kenapa sih aku ga terlahir dari orang kaya…
Kenapa sih susah banget cari kerja…
Kenapa sih gajiku segini aja…
Kenapa sih aku belum nikah…
Kenapa sih aku belum dikaruniai anak…
Kenapa anaku bandel-bandel…
Kenapa aku menderita di masa tuaku…
dan seterusnya …

Inilah potret hari-hari kita yang dihiasi keluhan-keluhan (zie termasuk yg sering begini masih banyak khilafnya) …
Seolah-olah nikmat yang sudah Allah anugerahkan ke kita itu ga nampak malah bahkan terlupakan di list ingatan kita…

Ada materi yang bagus yang zie dapat dari Hikmah Pagi TVRI 9 Nov 08 tentang *”LEZATNYA HIDUP KARENA SEMPURNANYA SYUKUR”.*

Sering kita tidak bisa merasakan kelezatan hidup karena tabiat *keluh kesah* kita, sehingga nikmat yang begitu banyak tidak terlihat dan tidak bisa kita rasakan sampai ke hati. Dan syukur yang biasa kita lakukan pun hanya kita lakukan saat kita mendapatkan hasil yang kita harapkan. Dan ironisnya lagi saat nikmat-nikmat itu hadir semakin bertambah pula ketidakpuasan kita, *mau lagi mau lagi yang lebih*. Dasar manusia ga ada habis-habisnya keinginannya.

Sementara saat hasil itu tidak sesuai harapan tetap aja kita bersedih, berkeluh kesah lagi dan ujung-ujungnya bisa jadi menyalahkan Allah SWT, orang lain dan diri kita sendiri. Padahal bisa jadi jika kita bisa “*bersabar dan mencoba mensyukuri setiap proses”* yang sudah kita jalani pasti kita akan mudah mengambil hikmahnya … dan senyumpun bisa mengembang di bibir kita … karena ternyata Allah SWT memberikan yang terbaik untuk kita dengan memberikan sesuatu sesuai keperluan kita dan hadir saat kita siap menerimanya. Ayo coba kita syukuri satu-satu dari beberapa proses hidup kita.

1. syukur akan kehadiran kita di dunia apapun bentuk fisik kita

-coba saja kalau ibu kita tidak menghendaki kelahiran kita
-coba saja kalau kita lahir kemudian Bapak Ibu kita sudah tiada
-coba saja kalau kita lahir dari keluarga broken home
-coba saja kalau kita lahir tidak sempurna (buta, tuli, dan cacat fisik lainnya)
-coba saja kalau kita lahir sempurna tapi kita membawa penyakit bawaan seperti diabetes dll
-coba saja kalau fisik kita sempurna tapi otak kita tidak sempurna
-coba saja kalau fisik dan otak kita sempurna tapi kita terlahir di lingkungan yang tidak baik
-coba saja kalau semuanya sempurna : kita lahir dari orang tua kaya, kita cantik dan cakep, pintar tapi kita menjadi orang sombong yang tidak disukai orang

2. syukur akan kasih sayang orang tua kita

-Ibu kita sudah mengandung 9 bulan dengan susah payah
-Ortu kita sudah memberi kita nama yang baik
-Ortu kita sudah berusaha merawat kita dengan mengerahkan seluruh kemampuannya dari dalam kandungan hingga kita dewasa tidak berhenti merepotkannya
-Ortu kita sudah berdoa untuk kita tanpa kita tahu
-Ortu kita sudah memaafkan setiap kesalahan kita kepadanya sebelum kita memintanya

3. syukur akan pendidikan kita

-coba lihat disana saudara-saudara kita yang putus sekolah karena tidak ada biaya
-coba lihat disana adek-adek kita yang harus mengais rupiah dijalan-jalan dengan pakaian dan makanan seadanya, bahkan sering mereka “dijahati” oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab
-coba lihat disana saudara-saudara kita yang sekolah dengan fasilitas seadanya karena bencana, sekolahannya rusak dan tidak ada biaya untuk membeli buku dan kelengkapan sekolah lainnya
-coba lihat disana saudara-saudara kita yang negaranya masih dalam perang, jangankan sekolah tempat tinggal pun tak aman

4.syukur akan pekerjaan kita

-coba lihat disana saudara-saudara kita yang masih hidup dibawah garis kemiskinan, jangankan tempat tinggal untuk sesuap nasi saja mereka masih harus mengais dari tempat sampah
-coba lihat disana saudara-saudara kita yang masih menganggur karena sedikitnya lapangan kerja dan tidak sesuainya kemampuan mereka dengan pekerjaan yang ada
-coba lihat disana para TKI yang disiksa demi segepok uang untuk keluarganya
-coba lihat disana saudara-saudara kita yang kena PHK
-coba lihat disana saudara-saudara kita yang kena kecelakaan kerja

5. syukur dengan kesendirian kita, kenapa musti meratap belum ketemu jodoh (ini nasihat khususnya buat zie sendiri)

-mari kita isi waktu kita dengan banyak beraktivitas positif seperti OR, menggali ilmu dan pengalaman hidup
-mari belajar bersabar
-mari belajar bersyukur akan nikmat-nikmat Allah SWT yang lain
-mari cari banyak sahabat barangkali salah satu diantara mereka adalah jodoh yang terbaik dari Allah SWT untuk kita
-mari selalu ceria biar ga cepet tua, repot kan kalau nanti saatnya ketemu jodoh muka kita lebih tua dari umur kita hehehe

6. syukur akan pendamping hidup

-coba bagaimana perasaan saudara kita yang belum juga Allah SWT pertemukan dengan jodohnya, sementara orang tua dan lingkungannya menuntutnya tetapi dia tidak tahu harus bagaimana
-coba bagaimana perasaan saudara kita yang dipaksa menikah dengan pendamping hidup yang bukan pilihannya
-syukuri bagaimana proses bertemu dengan pendamping hidupmu
-A menikah dengan B iri terhadap pernikahan C dengan D , padahal kalau misalnya ditukar A dengan C atau B dengan D juga belum tentu bahagia

7. syukur belum dikaruniai anak

-sudah siapkah Bunda mengandung dalam susah payah?
-sudah siapkah Ayahanda mendampingi Bunda dalam susah payahnya?
-sudah siapkah menyambut kehadirannya dengan suka cita, apapun nanti yang Allah SWT beri? -sudah siapkah mendidiknya menjadi anak sholeh sholehah
-sudah siapkah membiayai segala kebutuhannya
-sudah siapkah dimintai pertanggungjawaban diakhirat kelak?

8. syukur dengan anak-anak kita

-coba bagaimana perasaan saudara kita yang belum dikaruniai anak
-coba bagaimana perasaan saudara kita yang anaknya tidak sempurna
-coba bagaimana saudara kita yang harus banting tulang untuk membiayai anak-anaknya dengan himpitan ekonomi
-coba bagaimana saudara kita yang anak-anaknya terlalaikan karena kesibukan kerja
-coba bagaimana saudara kita yang harus bekerja jauh dari keluarga sehingga bertemu anak adalah sebuah harapan yang tertunda
-coba bagaimana jika anak pergi mendahului ayah bundanya, sementara ayah bundanya belum banyak meluangkan waktu untuk memberi kasih sayang
-coba bagaimana jika di sekolah anak sedih melihat temannya yang diantar jemput dan selalu didampingi ayah bundanya saat dia membutuhkannya

Ini hanya sepenggal pertanyaan yang sering tidak terjawab bahkan terabaikan karena keluh kesah kita … semoga kita senantiasa menjadi hamba yang segera tersadar jika kita sudah mulai kufur nikmat dan lupa bersyukur akan setiap desah nafas, kedip mata, aliran oksigen dalam darah, aliran darah, dan begitu banyaknya nikmat Allah SWT. Mari kita selalu berpikir positif sejak saat kita membuka mata terbangun dari tidur kita “alhamdulillah Allah SWT masih memberikan kita waktu untuk melakukan yang terbaik.


Responses

  1. susi…susi…
    itu kan derita loh….ha ha..
    jangan marah ya mba….

  2. syukur masih belum lengkap tanpa IHKLAS…susi..kata ki cecep

  3. kang Cece, jgn ngomong gitu dong.. ade di jg tersinggung loh.. bukankah kita senasib…? he..3x. cium sayang u/mu Kang…

  4. waldy ternyata benar2 udah berubah selera ya….
    masih kurang dah punya pasangan bang andi, wal?
    koq pdkt sama cecep lagi skg ……:-)

    apa andi kurang memperhatikan lo disana?
    gimana sih bang andi?

    piss….. merdeka !!!!!!

  5. Kang encep.
    Mendingan jadi in aja ama mba susi ajalah pasti teman2 genetika meridhoi,
    daripada menyendiri terus. pasti tentram dheh…
    setuju ngak….teman2

  6. kenapa saya suka ngantuk?

  7. akhirnya mata hati lu terbuka…bisa bedain mana yang ganteng n gedonk….haha..
    salam sayank buat waldy di Country Gay…
    ha ha…

  8. cep yang GEDONK naona?..smoga kalian tetap bersama dan abadi..didoakeun siah cep..

  9. mangga kaleeee gedonk (^___^)v
    Bener tuh Cep kata pa LP…daripada menyendiri & berbuat yg enggak enggak, aplg mpe ketularan waldi tuh yg hobby-nya mli berubah hiyyyy….

  10. Iya cep sama Mbak susi az bener kata langeng. sama2 sendiri kan heheheh

  11. cecep ihhh…

  12. kalo gedonk mah ga usah ke ma erot dulu cep… udah gitu gak berhasil dibenerin pula,infausta kata mak erotnya hehe damai ah….

  13. waduh waduh rupanya ada yang jadi mak comblang nih cie cie cie

  14. wah siu kok jadinya ama tjep-tjep
    ndak jadi ama gatsy??
    kasian dong udah nunggu lama gatsynya
    ntar marah loh


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: