Posted by: genetika21 | 11 May 2008

Bawa Anjing/kucing ke Jakarta?

- Moch Arief Cahyono –

sudah tahukah anda apa saja yang dibutuhkan bila anda ingin membawa anjing ataupun hewan peliharaan anda dari luar negeri ke Indonesia? disini saya ingin berbagi pengetahuan saja tentang syarat-syaratnya agar anda mudah dan tidak bermasalah saat akan membawa hewan kesayangan anda ke negeri tercinta ini. sebenarnya informasi ini bisa anda peroleh di website Badan Karantina Pertanian yang ada di blog ini, cuma disini mungkin akan lebih jelas:p

pastikan sebelum anda membawa hewan tersebut, anda saat ini tidak berada di negara yang telah ditetapkan OIE (organisasi kesehatan hewan dunia) sebagai negara yang belum bebas penyakit Rabies. bila anda berasal dari negara yang belum bebas rabies, maka anda tidak akan diijinkan masuk ke Jakarta. info ini anda dapat peroleh di website resmi OIE, www.oie.int

pastikan anda bisa peroleh ijin masuk ke Indonesia. gimana caranya? mintalah tolong rekan ataupun keluarga anda untuk mengurus ini. caranya cukup kirimkan copy paspor hewan ataupun sertifikat kesehatan hewan anda ke keluarga di Jakarta, barulah ijin ini diurus di Dinas peternakan DKI dan kemudian di Dirjen Peternakan Departemen Pertanian. mereka akan mengeluarkan ijin bagi hewan anda (dengan catatan poin 1 terpenuhi)

bila bagian 1 dan 2 sudah siap… anda tinggal persiapkan hewan anda disana. siapkan sertifikat kesehatan (health certificate) yang dikeluarkan dokter hewan pemerintah negara anda tinggal sekarang. akan lebih baik lagi bila anda juga melengkapi dengan hasil pemeriksaan titer kekebalan rabies hewan anda

siap-siap berangkat ke jakarta! pastikan hewan dalam kondisi sehat dan fit setelah sampai di jakarta laporkan hewan anda pada petugas karantina hewan di airport. ingat hanya petugas karantina hewan! Bukan karantina yang lain. mereka akan membantu anda untuk memeriksa kesehatan.

ini bagian yang paling penting untuk anda ketahui… jangan protes bila petugas membawa hewan anda ke kantor karantina hewan dan mewajibkan hewan anda masuk instalasi karantina hewan selama 14 hari. ini sudah peraturan di negeri ini untuk melindungi jangan sampai ada penyakit yang masuk ke Indonesia.

selama di karantina anda bisa menengok hewan tersebut (kalo tiba2 kangen) dari jam 10 sampai 4 sore selama 14 hari dilakukan observasi karantina.

apa yang dilakukan petugas karantina? mereka akan melakukan observasi hewan anda, mengambil darah untuk sampel pengujian laboratorium, dan melakukan vaksinasi bila hewan anda ternyata belum protektif terhadap rabies.

anda dapat membawa pulang hewan setelah 14 hari dan mendapatkan sertifikat pelepasan dari karantina hewan.
Informasi lengkap bisa diperoleh di kantor karantina hewan Soekarno Hatta. ingat informasi dari kedutaan kita belum cukup untuk anda. jadi anda perlu mencari tahu lebih jauh lagi. semoga membantu.

**dari Blog Moch Arief Cahyono**

About these ads

Responses

  1. bro..nanya dunks…

    klo selama di karantina tuh makna & yg lain2nya gimana… apa kite boleh bawa makanan yang biasanya dia makan…
    & (buat memperjelas aja)… pasti tiap hari di cek kesehatannya dunks sama drh karantina.. :)

    thanks before bro.. )

  2. makan kali ya maksud loe mil???

  3. yoaiiiii…..

    betul pak mod….
    maap… keyboardnya gak sinkron sama apa yg dipikirin.. :)

    hehehe.. thanks pak mod…

    btw.. pak mod dah mulai ngitung mundur waktu buat jadi bapak beneran yaa.. :)

    yg selamat yaa.. :)

  4. eh, ngomong2, selamat juga ya buat andi dan vivi arin, akhirnya cacar juga… hehehe oops. maaf.
    - halid lagi jahat -

  5. haliiiiiiiiiiid……….

    grrrrrrrrrrrrrhhhhhhhhhhh………….. :-(

    lo kangen sama gw kan lid,
    makanya kemaren mo nginep di rumah gw……… :-)

  6. iya, tapi gara2 lo lagi cacar, gw mengurungkan niat..jiakakkakk…

    btw dah sembuh nih?

  7. udah pada kering lid,

    tapi belom ngantor, masih di rumah…..:-)

  8. itulah lid, gw jg kena gara gara ketularan vivie….

    hehehe

  9. hihiiihiii…ayo kok bisa ketularan??? ayo kok bisa ketularan??? ayo kok bisa ketularan??? ayo kok bisa ketularan??? –> kaya spongebob

    oiya, mohon dipastikan, pas arisan nanti Varicella Free ya…keekekekkk…

  10. lho emang bang mod juga lagi kena cacar ??

    koq bisa bareng??….. koq bisa bareng??….. koq bisa bareng?? (ketularan halid, diulang2 nanyanya)…..:-)

    tenang aja lid, ntar kalo arisan gw skalian bawa Monkey Pox…… hihihihihihi……..

  11. skalian ah bikin pengumuman, ketularan cacar akibat datang arisan sepenuhnya bukan tanggung jawab bendahara…kekekek

  12. makanan ma perawatan dah include lah mil.kalo mo bawa ndiri boleh aja..gimana enaknya aja.jadi gak bakal kelaparan.paling yg punya aja yg laper!soalnya gak ada org jualan dsitu.hhihihihi

  13. To. Mas dokter Arip
    mau nanya dikit mas . kalau ngirim dari palembang gimana
    masalahnya waktu ngirim pasien keklinik dokter gunawan jkt
    yang pertama tidak ada masalah. dari karantina acc.
    Tapi waktu pengiriman yang kedua untuk dirujuk ke klinik
    dokter Gunawan tidak diacc karantina . akhirnya pasien saya
    meninggal dibandara. sempat ngak enak juga saya ama kolega
    yang ada dikarantina. Aturannya kemarin Tahu kenapa
    sekarang jadi Tempe. Apalagi ada rencana penggabungan
    karantina hewan dan tanaman. yach hanya tetap kedelai itulah

  14. wah..wah..turut berduka cita mas. aku tentunya gak bisa intervensi aturan ya. tapi yg pasti aturan masuk anjing dr sumatra ke jawa itu gak boleh.alasannya jawa diklaim bebas rabies. tp buat kasus mas langgeng kl sebelumnya boleh trus berikutnya gak boleh..ya harus tanya KE..Napa??

  15. kalo karantina harga nya berapa ya?
    dan bagaimana cara nyakalo mau membawa anjing dari indonesia ke luar negeri(singapore)?

  16. kalo karantina harga nya berapa ya?
    dah bagaimana cara nya kalo mau membawa anjing dari Indonesia ke luar negeri?(singapore)

  17. Mau tanya dong kira biaya total untuk proses di jakartanya berapa ya ? saya rencana mau bawa anjing saya dari us . thx

  18. saya mau mengirim anjing ke bahrain bagaimana caranya ya

  19. jika bisa berapa biaya nya
    ada bonusnya lo

  20. sebaiknya bpk wawan lgsg dtg ke kantor karantina bandara yg akan bpk lewati, mungkin lebih jelas berapa biayanya sesuai prosedur yang ada…

  21. pak wawan..kalo bapak mau mengirim anjing ke Bahrain persyaratannya:
    1. lengkapi dokumen yg disyaratkan: ijin ekspor dari dirjen peternakan, surat kesehatan dr dokter hewan, copi buku vaksinasi hewan..harus sudah divaksin rabies, divaksin lengkap lebih bagus lg.
    2. kalo sudah lengkap..dateng aja ke karantina.ntar hewannya diberi sertifikat karantina.biayannya untuk pemeriksaan disana 25rb plus sertifikatnya 5rb.cukup jelas kan.tengs..

  22. cara bawa anjing dari singapur ke jkt gimana sih?
    terus, lokasi karantinanya dimna ya ? -^^-

  23. pak, saya mo tny donk.
    saya punya kura2 alligator n common snapping.
    saya mo bw dr jkt k pontianak.
    gmn cr ngurus karantinany?
    katany ampe 4jt.
    padahal d pontianak saja harga kura2 yg sudah d karantina lbh murah.
    tlg bantuanny..

  24. mao nanya nech saya mao ngirim anjing poodle saya ke jakarta. syarat macem surat dari dokter, soal vaksin, akte lahir, surat karantina uda komplit semua. tp denger2 tetep nggak isa ych kirim anjing saya ke jakarta kota asal nya di medan..? mohon petunjuk nya.. makasi sebelum nya…

  25. Mao nNy neh pak ada yg blg kwn sya kt ny kLo mw bw hwan plhraAn naek pSwat cm mNta sRat kshtan ny aj trz d krntina

    yg mw saya tnykn pak
    kLo bwa 3 ekor kcing dr pkanbru k poNtianak gmN urSn ny pak? Apa tiap kcing hrs ada surat ny?
    Help . . .
    MkasiH

  26. pak dr mau tanya dong

    kalo kita bawa hewan dari LN ke indo, ngurus permit import sendiri tanpa melalui agent bisa gak yah ???
    prosesnya mudah gak, atau mungkin akan di persulit ???

    coz kalo pake agent biayanya mahal banget, bnr2 nguras kantong,,,, :(
    soalnya saya rencananya dari LN ngurus pake agent, kalo bawa sendiri gak mungkin

    mohon infonya dengan segera yah pak, kalo bisa via email saya jg gak papa

    salam

    • alo bro uda dapat jawaban belum,masalahnya saya akhir thn 2011 juga mau bawa alaskan malamute ke indo 2 ekor..masi bingung sama informasi,masa pake agen suruh lunasin dlo 1 hari sebelom berangkat..gw jd takut d kaburin..Balas ya bro di email dunk stevephen88@hotmail.com thx

  27. mau tanya. URGENT nih.
    teman saya minta tolong saya uruskan prosedur untuk bawa anjingnya masuk indo (lagi).
    Anjingnya udah terdaftar di PERKIN, setahun yang lalu dibawa ke USA. sekarang mau dibawa balik lagi.
    Apakah bisa bantu prosedur dan surat2 yang harus saya urus.
    teman saya akan masuk indo bersama anjingnya tanggal 17 july besok. jadi urgent nih.
    thanks.

  28. halo numpang nanya kalo bawa anjing dr cina ke jkt boleh ga ya? biaya mahal ga? prosedurnya gmn ? thanks before

  29. halo,, numpang nanya. cara urus import permitnya bagaimana? dari luar negri bisa langsung urus ga usah anjingnya sampai dulu di tanah air? makasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: