Posted by: genetika21 | 10 March 2008

Rintis Usaha Ala Genetika21

– Pristiani Nurantika –

Tulisan ini sebenarnya mencurahkan ide dari beberapa teman yang tercetus saat beberapa kali acara kumpul-kumpul. Berbangga hati karena ternyata Genetika21 ternyata dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki ide-ide kreatif dengan tak lupa memperhatikan perubahan maupun memperhatikan sesuatu yang harus diubah menuju kondisi yang tentunya diharapkan menjadi lebih baik.

Berbagai kesibukan di kantor ataupun tempat usaha seringkali membuat kita lupa untuk mengenang apa yang pernah kita lalui bersama sewaktu kuliah dulu. Namun kemunculan wahana berupa mail-list (baca:milis) dan blog Genetika21 terasa amat membantu memperlancar komunikasi diantara warga FKH angkatan 34. Meskipun tak terucapkan, namun penghargaan dari teman-teman semua untuk para perintis wahana-wahana tersebut sangat dirasakan. Kepada Bang Opiq (perintis milis ’34) dan kepada Bang Mod Andi (perintis blog’34) kami salut atas kreatifitas yang telah diaplikasikan untuk Genetika21! TOB BGT!! (baca: Top Banget).

Bulan Maret 2008 ini, ide arisan Genetika21 telah resmi berjalan dengan harapan tali silaturahmi yang telah terbina sekian lama akan terjalin lebih erat lagi. Sejalan dengan kegiatan arisan, dikumpulkan pula uang sebesar Rp.10.000,-/bulan yang rencananya akan dipergunakan sebagai dana sosial sekaligus kas angkatan. Dari sinilah timbul pemikiran untuk merintis usaha kecil-kecilan ala Genetika21. Saya pikir hal ini merupakan ide yang cemerlang. Kenapa tidak?? Banyak dari teman kita yang sukses di dunia bisnis dan rasanya Beliau-beliau tidak akan pelit untuk berbagi ilmu. Dengan pengalaman dan tips dari teman-teman dalam menjalankan usaha, saya rasa bukanlah impian yang berlebihan untuk meraih kesuksesan.

Syukur alhamdulillah, sebagian besar (bahkan hampir semua) warga Genetika21 sudah mendapatkan pekerjaan baik dilembaga pendidikan, institusi pemerintah, swasta, maupun berwiraswasta (terkecuali para Ibu-ibu yang telah memutuskan untuk menjalankan profesi yang amat mulia yaitu sebagai Ibu Rumah Tangga). Namun demikian, masih ada pula teman yang belum beruntung dalam hal mendapatkan pekerjaan. Kita semua merasakan betapa sulitnya mencari pekerjaan sekarang ini. Dilatarbelakangi hal tersebut maka kiranya akan sangat bermanfaat bilamana usaha ala Genetika21 dikelola oleh teman-teman kita tersebut dan manfaatnya Insya Allah akan dirasakan bersama.

Banyak bidang usaha yang bisa dijalankan dan akan lebih baik bila masih berkaitan dengan dunia kedokteran hewan (sesuai dengan almamater kita). Mungkin sebagian teman beranggapan “ini terlalu idealis” namun sebenarnya hanya bermaksud menunjukkan keberadaan veteriner kepada masyarakat. Terlebih bila nantinya badan usaha ini dengan ridho Allah SWT dapat memberikan sesuatu kepada masyarakat sekitar. Amien….

Kiranya badan usaha yang akan dibentuk, jenis usaha yang akan dijalankan, permodalan, dan tenaga ahli merupakan topik yang perlu dibahas bersama-sama. Saya yakin akan banyak ide-ide cemerlang lainnya yang bermunculan nanti.


Usaha ala Genetika21 ini tidak akan terwujud tanpa dukungan dari teman-teman semua. Semoga ide-ide kreatif dan niat baik kita senantiasa mendapatkan jalan dan ridho dari Allah SWT.
Amien…


Responses

  1. Saya sangat senang membaca ide cemerlang ini…kalo saya sependapat dengan Ibu Priitiii bahwa usaha yang nantinya akan dikembangkan masih berhubungan dengan Veterinary Science, karena dapat membantu teman-teman lain yang kesehariannya keluar jalur (termasuk saya)….Yang terpenting adalah profesionalitas orang-orang yang akan memegang usaha tersebut, dan saya rasa temen-temen semua memiliki itu….
    Jadi, tunggu apa lagi….!!!!
    Saya tunggu infonya dech….

    Wassalam

  2. mba priss
    arisan yg mana kok orang palembang ngak diajakya
    kapan mulainya..mba

    Mbak Pristi…tolong mas langgeng di telp ini….
    Buat Mas Langgeng monggo di liat di halaman Arisan to mas…

  3. MAju terus pantang mundur pris….Ibu bendahara ini memang TOP!!!

  4. aduh Mas LP ini…piye tho Mas??
    emg kurang afdol klo gak ada perwakilan dari palembang. Yo wis, aku masukkin namamu yo…

    Liat info-nya di halaman arisan di blog ini. Ada no rek. BNI disana buat bayar per bulannya. Jangan lupa ya setor tiap bulan he3…dah mli bln maret ini ya Mas.

    Nti tiap abis setoran jgn lupa konfirmasi ke aku ya (lwt sms or telp). Salam untuk Mbak Indah…

    Ha3…bang mod ini begitu semangatnya menyemangati diriku. Yg lain juga harus MAJU ya!!! TETAP SMANGAT!!!

    (^___^)v

  5. oke mba priss
    trims nanti tak lihati yach
    sukses dhe nanti tak lanjuti

  6. Badan usaha yang dibentuk sebaiknya berbentuk persekutuan, dimana anggotanya dapat keluar atau masuk tanpa harus melalui proses bertele-tele dengan menggunakan notaris macam perseroan.

    gw rasa untuk awal usaha kecil-kecilan ini tidak mungkin berbasis veterinary science karena modal yang dibutuhkan akan pasti besar. dengan kata lain kita harus mencari keuntungan dari usaha kecil untuk mendapatkan laba yang besar sehingga dapat terkumpul modal yang memadai.

    usaha apa yang cocok? dagang! jual yang semua orang pasti butuh. spt: food & beverages, clothes, tiket bus dll.

    atau yang lebih mudah: USAHA FRANCHISING. ga perlu repot tinggal beli nama, barang disupply dan kita tinggal jualandan jangan lupa bayar royalti atas laba yang didapat.
    info aja, banyak franchise yang harganya cuma 3 jutaan.

    thanx.

  7. bagus juga tuh idenya tambi tongbes tungsar hehe

    tadinya ide sih gw mikirnya kl bikin usaha ternak hehe, berhubung temen temen banyak yg pngalaman di usaha ini. jadi yg di obat bisa masuk obatnya, yg di pakan bisa masuk pakannya, yg di DOC bisa masuk juga dan penjualannya dah jelas jalurnya.

    tp ide franchise bagus banget tuh, jadi kita gak perlu repot tinggal mantau aja ya boss?

  8. Franchising ya Boss?? Oke juga tuh…modalnya gak terlalu besar ‘n tinggal meng-hire org yang bisa dipercaya aja buat ngelolanya…

    Oks2…ditampung dulu ya Boss Tongbes. Nti diomongin lbh lanjut bulan Mei..okeh!!

  9. halo sobat2, saya sgt setuju dg usulan ibu prity, bgm kalo bentuk koperasi vetriner genetika 21 (Kopvetika 21). nanti bentuk usahanya kita tanya pada para pakar kita, bang cecep, Mr. Sahid, dan bang MOd. Ide tong bes bgs jg tu

    koperasi Usmavet : uus mahasiswa veteriner

  10. usmavet sudah dinyatakan pailit

  11. usul nama usahanya PT. Indonesia satwa raya.co (PT. ISR)
    ( ini serius)
    Bidang usaha :
    1. pengadaan obat2an, sapronak dan alat kedokteran.
    2. perdagangan umum
    3. ekspor impor bahan baku obat2an
    4. kontraktor
    5. agribisnis
    6. budidaya ternak
    7. konsultan peternakan
    8. Waralaba
    9. perkebunan karet & kelapa sawit
    11. Traveling all the word(Paket Tour dan Umroh)

    usul candidat :

    1. Komisaris Utama : drh. Gunjal ritonga
    drh. cecep M.W
    drh. Firman
    2. Presiden direktur : drh. Boim satria
    3. Direktur eksekutif : drh. sahid
    4. sekretaris direktur : drh. meity A
    4. Akunting : drh. Pristie
    5. kapala HRD : drh Andi & drh Tong bes
    6. kepala Marketing : Drh. Pipie
    Drh. vera
    pendirian awal aset Rp. 1.000.0000.000;-( 1 milyar)
    dengan nilai 1000 lembar saham (1 jt/perlembar).

  12. info yang sy release di detik.finance : saham sudah diminati
    1. cecep : 75 lembar saham
    2. drh. sahid : 100 lembar saham (sudah Konfirmasi)
    3. drh lp : 25 lembar saham ( sudah konfirmasi)
    4. drh Firman : 10 lembar saham
    5. drh cimay : 25 lembar saham
    6′ drh. Anang ; 10 lembar saham ( sisa bea siswa kali)
    7. drh. deden : 10 lembar saham
    8.drh. boim : 10 lembar saham
    9. drh. Ipis ; 25 le4mbar saham
    10. drh. huda : 50 lembar saham
    11. drh. muhib : 10 lembar saham
    12. Drh. asrul : 10 lembar saham
    13. drh Dwi w : 10 lembar saham
    14.drh. tongbes: 10 lembar saham
    15. drh ude ; 10 lembar saham
    16. drh pipie ; 10 lembar saham
    17. drh. Adjat s : 10 lembar saham
    18. drh. iwan : 10 lembar saham
    19. drh. putu : 20 lembar saham
    20. drh Esti : 20 lembar saham
    21. drh Ayat : 10 lembar saham
    22. Drh amir : 15 lembar saham
    sementara : 410 lembar.
    banyak permintaan dari para dokter hewan selain 34 yang ingin ikut bergabung….

  13. Heh????

    “usul nama usahanya PT. Indonesia satwa raya.co (PT. ISR)
    ( ini serius)”

    Duh pak, ngobrolin masalah serius kok di blog…di milis atuh biar ada privacy…

    ^_^

  14. itu beneran gak sih??

  15. beneran tuh??

    serius…???

  16. -atur aja bang gunjal……yang penting jelas dan nyataada action nya…so pasti teman-teman pada ikutan…

  17. sirius itu ah!!!
    wkakakak…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: