Posted by: genetika21 | 9 January 2008

Cacing Jantung (Dirofilaria Immitis)


Oleh Drh. Langgeng Priyanto Cokro Anggito Bumi

 

wmn_2738.jpgPada tanggal 16 November 2005 di klinik dokter hewan praktek bersama Palembang ada laporan pasien mati mendadak dari seekor anjing Rotweiller tanpa diikuti gejala yang jelas dan bersifat akut. Dengan mengikuti prosedur pasien tersebut dilakukan otopsi dengan diagnosa akhir kematian disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah jantung sebelah kanan dan arteri pulmonalis dan didapatkan cacing jantung yang bergerombol dengan warna putih, bulat, langsing dan panjang antara 6 – 11 cm.

Keberadaan cacing jantung yang ditemukan pada anjing tersebut merupakan kekwatiran kita semua karena bagaimanapun cacing jantung bersifat zoonosis dan dapat menular kemanusia yang dikenal dengan nematoda zoonotik yaitu pada kasus human pulmonary dirofilariasis (HPD)(Frisby, 1997;Johnstone et al., 1997).

Cacing jantung menginfeksi inangnya dengan perantara gigitan vector nyamuk yang mengandung larva cacing setelah menghisap darah anjing terinfeksi. Jadi infeksi cacing jantung ditularkan secara langsung dari anjing ke anjing oleh nyamuk yang menghisap darah. Larva cacing jantung disebut mikrofilaria ikut peredaran darah dari anjing yang terinfeksi. Ketika ada nyamuk yang menghisap darah dari anjing itu, mikrofilaria ini juga ikut tercerna ditularkan keanjing lain yang kemudian diisap darahnya. Setelah masuk dalam aliran darah mikrofilaria bergerak dalam sirkulasi kealiran darah jantung , paru-paru dan pembuluh darah besar , disitu larva akhirnya berkembang menjadi cacing dewasa yang mulai menghasilkan mikrofilaria generasi berikutnya. Dalam inang yang baru dibutuhkan waktu 85 sampai 120 hari dari fase mikrofilaria sampai larva stadium 4 dan 5 dengan panjang 3.2 cm – 11 cm didalam jantung kanan dan arteri pulmonalis. Untuk menjadi cacing jantung yang sempurna membutuhkan waktu selama 5 – 8 bulan. Mikrofilaria pertama kali akan terlihat dalam peredaran darah perifer kira-kira 6 bulan setelah anjing terinfeksi.

Lebih dari 30 spesies nyamuk yang berbeda telah menunjukan kemampuan dalam pertumbuhan dan penyebaran dari cacing jantung ini. Jenis nyamuk yang mampu menularkan menularkan Dirofilaria immitis adalah Anopheles macullipennis Culek quinquefasciatus, Aedes aegypti, Armigeres subalbatus, Aedes sierrensis , Aedes triserria dan Aedes vexan

Tahap awal dari infeksi cacing jantung, seekor anjing akan menunjukan sedikit gejala, namun jumlah cacing ini kemudian dapat berkembang menjadi banyak dan dapat menyebabkan kerusakan pada pembungkus jantung dan menghalangi fungsi jantung dan fungsi paru-paru.

Anjing yang terinfeksi secara beransur-ansur akan kehilangan berat badan menjadi lesu dan mulai mudah lelah. Anjing ini akan mudah keserang bantuk yang sulit sembuh menjadi anemia dan perutnya biasanya terjadi oedema. Akhirnya anjing ini akan menderita kegagalan jantung sebelah kanan dan kolaps.

Bila anda pemilik dan penggemar anjing dan daerah anda sudah terjangkit penyakit jantung hendaknya anda harus hati-hati karena setiap saat anjing anda akan terancam akan serangan cacing jantung termasuk anda tentunya. Karena cacing jantung dapat menular kemanusia lewat perantara nyamuk. Kesimpulan yang sangat bijak adalah pemeriksakan darah anjing anda secara teratur, hal ini untuk memastikan terinfeksi tidaknya anjing anda tersebut. Diskusikan hal ini dengan dokter hewan untuk pengambilan langkah-langkah pengobatan berikutnya.


Responses

  1. wah bahaya, perlu waspada yg punya piaraan anjing

  2. Ih..serem ya…
    Syukurnya aku pecinta kucing. Tapi apa bisa ada cacing jantung pada kucing ya ?

  3. Saudara/Saudari Oliveoile yth

    cacing jantung bisa menular kekucing juga. Kalau ada nyamuk perantara yang ada mikrofilarianya. Pada manusia kasusnya sudah ditemukan dibeberapa literatur telah disebutkan, dan beberapa tahun yang lalu pernah saya diskusikan dengan dokter ahli jantung manusia yang ada dipalembang mengatakan positif ada. Sayangnya info yang saya sampaikan ke dinas yang terkait belum ada tanggapan yang berarti.
    Dan permasalahan yang sangat penting data base tentang penyakit hewan yang bersifat zoonosis sangat kurang apalagi dipublikasikan seperti ini. Saya terimakasih sekali kepada kolegaku drh. Andi yang telah mempublikasikan. Nyatanya orang umum sangat riskan tentang masalah ini
    Saya mohon beberapa kolega dokter untuk melengkapi info tentang cacing jantung (Dirofilaria immitis) ini yang saya dapat. Apalagi kolega yang dikampus
    Salam hormat

  4. mas langgeng, ada salam dari kang ARI HARTONO. kalbazen jadi ngga katanya??? hehehhe… (maaf pak mod, IKLAN niy…kekekekek)

  5. Tentang Cacing jantung, bener kata maslanggeng, kucing juga bisa tertular lewat gigitan nyamuk pembawa larva infektif (L3), masuk pembuluh darah, menyebabkan inflamasi. Disamping menyerang jantung, bedanya pada kucing lebih banyak menyerang paru-paru dikenal dengan Heartworm Associated Respiratory Disease (HARD), gejalanya mirip astma-bronchitis.

    Gitu aja deh, ntar kalo kepanjangan dimarahin bang mod..paur.

    euleuh eta halid, ka abdi teh asa meni kadedemes pisan…demi ilmu pengetahuan kami mah satuju wae

  6. aduh makasih mba halid
    salam kembali tuk mas ari juga
    tentang kalbazen tak kontak beliunya
    ngak enak disini belum bayar properti
    tapi bisa juga kalbe farma suruh pasang iklan disini mba
    kan ada produk yg ada hubunganya ama c. jantung
    minimal tuk dana sosial genetika21
    biar tdk ribet kalau ada yg kena musibah rekan kita nantinya
    trims mba halid kapan kepalembang tak tunggu

  7. maaf sy nyelonong msk ke blog ini. buat mbak halid bisa minta alamat emailnya kah? ada teman lama mau menyapa nih. thnks sblmnya

  8. hai…
    khalida.noor@kalbe.co.id

  9. beneran tapi kalo di kasih pelajaran ke anak 2 di kelas pasti pada ngak percaya
    padahal kalo ipb punya yang menarik knapa ngak dipullikasikan n langsung di beritahukan ke publik biar kita bisa lebih menjaga kesehatan

  10. Ibu Devi Putri Yth
    Terimakasih atas tanggapan dan sarannya. Mudah-mudahan IPB cepat
    merespon tentang hal ini. Dan tentunya dinas yang terkait juga ikut
    bertanggung jawab untuk mengatasi hal ini. Namun dinas yang ada diindonesia
    yang khusus mengurusi anjing dan kucing belum ada yang ada hanya
    ruminansi dan unggas. Jadi yang selalu berhadapan dilapangan adalah kolega
    yang praktisi/ membuka praktek.( dan hanya bersifat pelaporan kepemerintah
    kalau ada kasus). Begitu keadaan veteriner yang ada sekarang.
    Cacing jantung khususnya kasus yg ada dipalembang hanya sekali dilaporkan
    . Namun demikian yang paling perhatian terhadap hewan adalah klien bule
    atau yang pernah tinggal diluar negeri untuk memastikan hewannya
    bebas dari cacing jantung.
    Demikian dari saya atas perhatiannya diucapkan terimakasih

    Palembang
    drh. Langgeng Priyanto

  11. itulah kondisi kita sekarang, ilmu kita masih tersegmen-segmen seperti proglotida cacing pita…
    padahal penemuan kita di lapangan sangat berguna bagi masyarakat, tapi selama ini hasil-hasil penelitian itu hanya menjadi sarang tikus dan kecoa, padahal biaya untuk itu sangat mahal dan biayanya dari uang rakyat………
    jadi sekali lagi kita harus berkomunikasi dengan dunia luar veteriner karena mereka membutuhkan kita…….
    ingat……. sebelum kejadian berbagai penyakit zoonosis merebak sangat sedikit orang mengenal drh, tp sekarang masyarakat sudah tahu peran kita, maka dari itu tunjukkanlah bahwa kita masih exist dan memang dibutuhkan masyarakat……

  12. wiw..
    ngeri jg iah
    kl manusia bisa gimana caranya?
    ap hamster bisa kena jg?

  13. Oh ya mas langgeng kepilih gak jadi anggota dewannya?

  14. terus…cr menghindari penyakit ini bagai mn..???
    dan apakah penyakit tersebut dapat di sembuhkan..???

  15. kren 2 ftonya n infrmasinya

  16. Tetangga saya yang juga seorang dr umum dan kini membuka praktek kecantikan, juga memelihara banyak jenis anjing dari rotweiller hingga anjing kampung (yang saya dengar juga diperdagangkan). Setelah membaca ini kok saya jadi takut yah!!!!! Apa yang harus saya lakukan? Padahal komplek perumahan kami terbilang perumahan kecil. Baunya saja sudah mengganggu. Gak tanggung-tanggung mkn anjingnya sekitar 15 ekor (padahal rumahnya hanya tipe 45)

  17. Sangat bijak kalau ibu sari koordinasi dengan dinas terkait, ditempat ibu tinggal. Trims

  18. Of all its components, the compressor clutch may not be working properly.
    Lastly, all Lennox air conditioners come with a ten year limited warranty on
    the compressor, is kept outside. To have a unit that is more than eight years old, and the actual procedure is far more intrusive than cleaning.
    No more sweat with the inverter air conditioner.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: