Posted by: genetika21 | 26 May 2008

Benarkah Si Kancil Suka Mencuri Timun ?

- Wahono Esthi Prasetyo -

Laboratory of Embriology, Department of Anatomy, Physiology and Pharmacology. Faculty of Veterinary Medicine. Bogor Agricultural University

Cerita yang sering kita dengar dari ayah, bunda, kakak dan nenek kita serta dari buku-buku cerita yang kita baca semuanya bilang kalo kancil itu hewan yang cerdik, nakal, dan suka mencuri ketimun. Tapi apakah benar si kancil memang mempunyai sifat seperti itu? Kancil itu sebenarnya hewan apa sih? Apa saja makanan kesukaannya? Tentunya masih banyak pertanyaan lain yang muncul setiap kali kita mendengar atau membaca cerita tentang si kancil.

Dalam bahasa melayu kancil disebut pelanduk, sedangkan dalam bahasa latin disebut Tragulus javanicus. Kancil merupakan hewan ruminansia terkecil di dunia. Ruminansia adalah hewan pemakan hijauan yang memiliki lambung dengan beberapa ruangan. Contoh hewan ruminansia lainnya, yaitu sapi, domba, kambing dan rusa. Hewan – hewan ini memiliki lambung dengan empat ruangan. Masing – masing ruangan memiliki fungsi sendiri-sendiri. Wah hebat ya, namun lambung kancil hanya memiliki tiga buah ruangan. Sehingga kancil disebut sebagai hewan ruminansia primitif. Hewan ruminansia biasanya biasanya suka sekali makan rumput, tapi ternyata si kancil tidak suka rumput. Nah ini cerdiknya si kancil. Dia lebih suka memakan makanan yang mudah dicerna. Di hutan, kancil memakan pucuk daun, buah-buahan yang jatuh dari pohon, rumput dan akar. Sedangkan di kebun binatang maupun kandang peliharaan, kancil biasanya diberikan makanan seperti irisan kangkung, kacang panjang, wortel, bengkoang, ubi, selada, jagung muda, terong serta buah-buahan. Buah-buahan yang disukai kancil yang berbau harum dan lunak, buah kesukaannya adalah pisang terutama pisang ambon dan raja. Selain pisang, kancil juga suka apel dan nangka. Untung gak suka duren ya bisa rebutan nih sama kita…………..

Kenapa ketimun tidak disebutkan dalam daftar makanan kancil? Jadi bertanya-tanya sebenarnya kancil suka timun gak ya? Apalagi sampai mencuri timun di ladang pak tani? Apa sebenarnya tetangga pak tani ya yang nyuri ketimun ya?? Wah tidak boleh berprasangka buruk dulu nich. Nah ternyata pada kancil yang dipelihara, ketahuan waktu diberikan ketimun kancil tidak suka karena ketimun yang diberikan tidak dimakan sama sekali. Andaikan kancil tidak diberikan makanan lain selain ketimun, dan dengan terpaksa memakannya, ternyata bisa menyebabkan kembung pada kancil. Kancilnya jadi sakit dan bisa mati. Waduh !!!!!!!!!!!!!!! Lalu dulu siapa yang yang mencuri ketimun pak tani ya? Kenapa kancil jadi kambing hitam ya?

Tetapi kancil sebagai hewan cerdik ada benarnya nih. Ini terbukti lho pada saat pemberian makan. Makanan kancil yang beraneka ragam tersebut, seperti kangkung, kacang panjang, wortel, ubi dan pisang kalau diberikan bersamaan pada wadah, tahukah kalian apa yang dipilih kancil duluan? Ya benar, jawabnya adalah pisang. Karena mereka mencium bau harum dan mudah memakannya. Wah wah…………… memang cerdik apalagi kalo pisang ambon sekali santap langsung ludes dech.

Terus bener gak ya kalau kancil tuh anak nakal? Sebenarnya mungkin gak nakal ya…………… malahan kancil merupakan hewan yang pemalu. Kancil ini saking pemalunya dia akan berusaha tidak terlihat, jadi dia cenderung akan sembunyi kalo ada orang. Makanya, ketika memelihara kancil di kandang (kebun binatang maupun kandang untuk percobaan) lebih baik disediakan tempat persembunyian. Karena kalau ketakutan dan tidak nyaman, kancil biasanya akan menangis. Selain itu kancil juga sering stress kalo kondisi kandangnya tidak menyenangkan dan kondisi ini bisa menyebabkan kancil mati. Tuh kan nakal dari mana ya? Apa karena dia susah ditangkap ya, makanya dibilang nakal.

Wah selama ini salah ya anggapan kita tentang kancil……………….. berarti dia gak suka timun apalagi mencuri ketimun dan ternyata dia adalah hewan yang penakut dan pemalu. Jadi gimana mau nakal ya??? Tapi kayanya anggapan kalo kancil hewan yang cerdik nich bener ya……………

Nah ternyata jumlah kancil sekarang ini semakin menurun di hutan. Ternyata banyak orang yang memburunya. Karena ternyata daging kancil ini enak untuk dimakan. Makanya banyak orang yang berusaha memburu hewan ini. Selain itu karena tubuhnya yang kecil memudahkan hewan lain untuk memangsanya. Banyak hewan seperti ular, elang, harimau. Kucing hutan dan hewan buas lainnya di hutan yang berusaha memangsanya. Padahal kancil merupakan hewan yang dilindungi pemerintah. Jadi tugas bagi kita semua untuk menjaga kelestarian kancil agar tidak punah. Sehingga kita tidak boleh memburunya apalagi untuk dimakan dagingnya. Jadi kita semua harus bersama-sama untuk menjaga kancil dari kepunahan. Karena dia merupakan hewan yang berharga. (Ditulis berdasarkan pengalaman menulis Thesis S2).


Responses

  1. Esthi….
    Halid suka tulisannya!

  2. heuheu…maminya kancil (^__^)
    tapi klo kancil genetika21 tuh beda Es, pemakan segala dah. Liat aja rahangnya yg gede ‘n kuat
    wkakakak…peace Cil!

  3. Eh..kamu ganti nama, Es?
    Dah bubur putih bubur hitam lom?

  4. kancil yang suka makan ketimun di sana kali ya…… (tanya …… iwan fals….! )

  5. thanks halid he he.

    kancil 34 siapa prist???

    Blm sih may he he otamatis gitu dech he he

  6. keji.. bawa2 anatomi segala….
    :)

    sara.. :)

  7. hi3…lucu tulisannya…
    iya…sapa ya…yg mitnah kancil suka nyuri bonteng…
    emang…fitnah lebih kjam dr pembunuhan…

  8. Fet…’timun’ bukan ‘bonteng’…
    ‘bonteng’ mah kalo giginya maju…

  9. kalo giginya maju mah pegel namanya may!

  10. Bukan lid…

    Kalo giginya maju ntar nabrak, kecuali kalo di rem…

    :p

  11. kyaaaaa….pake behel atuuuh (^___^)v
    dipagerin biar gak maju.
    Kancil 34…clue-nya nih es, simak baik-baik ya:
    1. warna kulit sawo matang (sedikit gosong)
    2. rahang besar
    3. jenis kelamin pria
    4. anggota hiawata (dulu, skrg dah bubar ya??)
    5. 2 hari lalu ksh komen tuh
    6. setelah baca komen ini pasti nongol lagi
    wkakak…
    peace ah Cil, ampuuuuun………
    Esti tuh, want to know ajah

  12. aduhhhh….timun..bonteng…timun…bonteng…kok kancil sukanya kaya kita juga ya….he…he…

  13. eee…. hiawata tetap eksis… meskipun dah pada mencar2….

    kan tetap “wata”…. hahahahaha…….

    tunggu yee.. kite pada mo bikin album bentaran lagi,… :)

  14. mil, kok mengalihkan pembicaraan, kan lagi bahas kancil.

    *kabuuuuurrr….!!!
    **ccciiiiiitttt….balik lagi,

    Ditunngu album Hiawata-nya (ato ganti jadi Hiawatakta??)

    *ngibrit lageee…

  15. hehehehe… anatomi lagi… :)

    btw … hiawatakta… mksd pa’an….

    sekali hiawata.. tetap wata…. :)

  16. saya amat sangat setuju dengan pernyataan kamil… Sekali Hiawata tetap WATA

  17. saya juga amat sangat

  18. apa sih halid kok amat sangat…

  19. saya juga amat sangat WATA (hooeekkk…!)

  20. Esthi…wah si baru tahu nih..salah dong ya kita sbg dokter hewan bacain dongeng kancil nyolong timun ke keponakan..he he he

  21. kita gak salah sus, yang salah pencipta lagunya gak pake studi literatur dulu… (GLEK!)

    *ya ngga es?? gmana kalo esthi bikin lagu “Jawaban Si Kancil”
    (^_^)v

  22. secara gitu esthi gak bisa ngarang lagu he he.
    gimana kalo hiawata aja yang ngarang lagu. gimana?

  23. tidaaaaaak…nti kancilnya bukan iseng lagi, tp jadi melow (secara gitu, koleksi hiawata penuh dengan lagu2 manggarai utara).
    Ksian khan anak or ponakan, kecil2 dikasih lagu melow.. hehehe..

    **kabuuuuuuuuuuuuuuurrr…

  24. Bos, tulisannya aku kutip di blog yak…
    Thanks

  25. Salam Kenal..
    Perkenalkan saya Toha Mahasiswa Fak.Peternakan Univ. Brawijaya Malang, saat ini saya sedang studi tentang kancil (Tragulus javanicus), mohon informasi dan bantuannya kalaupun ada yang memiliki beberapa referensi hasil penelitian/jurnal tentang kancil mohon informasinya/di e-mailkan di binasatwaloka@yahoo.com
    sebelumnya atas bantuan dan informasinya saya sampaikan banyak terima kasih.

  26. Mas saya coba email ke alamat email tersebut tapi tidak bisa terkirim kayanya.

    kalo boleh tau penelitiannya tentang apa?
    Perlu jurnal apa.
    Tx

  27. sheep artikelnya.bikin lebih banyak artikel lagi tentang hewan langka.makasih.

  28. If your medical school curriculum is weak on embryology (like mine), this is a great book to put all the pieces together. The chapters are short and easy to read, with lots of diagrams and pictures to help explain.
    (download in pdf)

    http://mediccall.blogspot.com/search/label/Embriology

  29. iya..
    jangan sampai si kancil punah..
    lestarikan..

  30. Mungkin maksudnya kancil itu nama seorang anak, bukan nama jenis satwa. Karena lagunya kan gini:
    Si kancil anak nakal, suka mencuri ketimun…
    Jadi ada kata anak didepan kata kancil.
    Kecuali jika lagunya begini:
    Si kancil satwa nakal, suka mencuri ketimun…
    Yah ini sih IMHO…

  31. Saya butuh info untuk komunitas peternak dan penggemar kancil kalau ada aku ingin gabung dan kalau tak ada mari diadakan

  32. q pgen melihara kancil nhe , tpi gmna ngedaptinnya yyaaa……


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: